Mother&Baby Indonesia
Moms, Ini Ciri-Ciri Anak Kecanduan Gadget

Moms, Ini Ciri-Ciri Anak Kecanduan Gadget

Si Kecil yang lahir dan dibesarkan di era digital tentu sangat akrab dengan gadget. Namun di sisi lain, pemakaian gadget bisa berdampak buruk bila sampai membuatnya kecanduan.


Ciri-Ciri Anak Kecanduan Gadget

Anak yang sudah kecanduan gadget akan memperlihatkan sejumlah tanda. Dokter Anggia Hapsari, Sp.KJ dari Smart Kid Clinic, dan Astrid WEN, M.Psi, pendiri Pion Clinician, membeberkan sejumlah ciri anak yang mengalami kecanduan gadget:



1. Lupa Waktu

Si Kecil menjadi lupa waktu bila sudah memegang gadget. Ia menjadi sulit makan. Kalaupun ingin makan harus dengan gadget-nya. Selain itu, ia juga mengabaikan kebutuhan lain hanya untuk bermain gadget, misalnya ia bisa tidur sangat larut, lupa mandi, hingga lupa berbicara dengan orang lain.

2. Mudah Mengambek

Bila Moms menginterupsi waktunya saat bermain gadget, Si Kecil akan dengan mudah mengambek.

3. Menarik Diri dari Orang Lain

Si Kecil akan tidak mau turun dari mobil saat diajak mengunjungi sanak saudara, karena ia sedang fokus bermain gadget.

4. Tidak Menyelesaikan Tugasnya

Misalnya saja, Si Kecil tidak menyelesaikan PR atau saat bermain fokusnya hanya ke gadget. Performa di sekolah pun jadi menurun.

5. Makan Jadi Lama

Pada balita, waktu makan mereka menjadi lama. Kalau tidak diimingi dengan gadget, ia tidak akan mau makan. Tidurnya pun menjadi gelisah. Kemudian anak balita lebih mudah bosan. Mereka tidak bisa dipuaskan dengan satu mainan saja.

6. Sembunyi-Sembunyi

Saat Si Kecil menggunakan atau sangat ingin bermain gadget, ia akan melakukannya secara sembunyi-sembunyi.


Tetapkan Batasan

Apakah Si Kecil menunjukan ciri-ciri tersebut Moms? Jika belum, sebaiknya Anda mulai memberi batasan penggunaan gadget sebelum Si Kecil benar-benar kecanduan. Batasan atau aturan ini menjadi investasi Si Kecil di masa depan, termasuk dalam hal mengontrol diri. Ikuti tips berikut ini.



1. Tidak Ada Gadget saat Makan

Makan merupakan kegiatan yang menyenangkan dan simbol pemberian kasih sayang. Saat makan bersama, ada proses sentuhan, tatapan mata di antara anggota keluarga. Interaksi Anda dan Si Kecil saat makan bersama itulah yang menjadi hal penting.

2. Tidak Ada Gagdet Sebelum Tidur

Pastikan Anda menjauhkan gadget dari jangkauan Si Kecil satu jam sebelum tidur. Pastikan pula mematikan notifikasi suara dari gadget.

3. Jangan Gunakan Gadget Sebagai Penenang

Moms harus bersikap tegas dengan perilakunya, daripada harus menggunakan gadget untuk menenangkan Si Kecil yang sedang tantrum.

4. Tes Aplikasi

Sebelum digunakan Si Kecil, Anda harus mengetes aplikasi tersebut agar Anda tahu isi dari aplikasi tersebut.

5. Batasi Penggunaan

Ingatkan waktunya akan habis saat bermain gadget. Misalnya “Adik, 5 menit lagi selesai ya”. Meski ia belum paham tentang konsep waktu, ia pasti akan mengerti.

6. Alihkan dengan Kegiatan Lain

Anda bisa mengalihkannya dari bermain gadget dengan membiarkannya melakukan kegiatan lain seperti mengeksplorasi lingkungan sekitar.

7. Bantu tenangkan Si Kecil

Bila ia rewel, bantu ia untuk menenangkan dirinya agar ia bisa meregulasi dirinya dengan baik. Misalnya “Maaf ya, kamu sedih dan kesal, tetapi waktunya sudah habis, besok kita main gadget lagi”. Setelah itu Moms bisa memeluk dan menenangkannya. Teknik ini akan membantunya belajar arti menunggu dan mengontrol diri. (M&B/Vonda Nabilla/SW/Dok.Freepik)



Tags: anak,   balita,   gadget,   kecanduan gadget










Cover Mei-Juni-Juli 2020