Home - Balita - Tumbuh Kembang Balita / 5 Desember 2018 / Redaksi

7 Cara Mengajari Anak Suka Membaca

Keberadaan gadget saat ini membuat Si Kecil lebih memilih untuk bermain atau menonton video. Mereka pun menjadi semakin jarang dan enggan membaca buku. Padahal, membaca memiliki banyak manfaat, terutama untuk stimulasi kemampuan bahasa dan bicara Si Kecil.

Dari buku bacaan, Si Kecil bisa menambah pengetahuan mengenai hal-hal yang mungkin tidak didapatkan di sekolah. Daya imajinasinya pun bisa terasah dengan baik. Karenanya, orang tua perlu meningkatkan rasa suka membaca pada anak.

Tak perlu tergesa-gesa, karena membaca buku bisa disesuaikan dengan usia anak Anda. Awalnya, Moms dapat membacakan cerita rakyat sehingga bahasa yang diucapkan bisa masuk ke memorinya. Selanjutnya, ada beberapa cara untuk mengajarkan Si Kecil membaca. Berikut ini caranya, Moms:


1. Menjadi Contoh

Sebagai orang tua, sikap dan perilaku Anda lah yang paling sering ditirukan oleh Si Kecil. Karena itu, jika Moms ingin ia suka membaca, maka Anda pun harus bisa menunjukkannya. Ketika Anda mengisi waktu dengan membaca majalah atau buku novel, hal tersebut bisa memicu Si Kecil untuk turut ingin membaca buku.


2. Buat Jadwal Khusus

Membaca bisa dijadikan sebagai kebiasaan dan dilakukan secara rutin. Budaya membaca dalam keluarga dapat diawali dengan membuat jadwal khusus bersama Si Kecil. Bisa saat akhir pekan atau malam hari sebelum tidur.


3. Manfaatkan Gadget

Gadget tak melulu memberi dampak negatif, sebab Anda bisa mendapat efek positif jika menggunakannya dengan bijak. Manfaatkan perangkat smartphone untuk membaca buku bersama Si Kecil. Sudah tersedia berbagai aplikasi yang menyediakan buku digital dan bisa dibaca melalui gadget secara langsung. Selain dibaca, Anda juga bisa mengajak Si Kecil mendengarkan audiobook atau cerita yang disampaikan oleh seseorang, dengan konsep seperti buku cerita.


4. Memilih Buku Sendiri

Agar minat baca Si Kecil semakin tinggi, biarkan ia yang memilih buku bacaannya sendiri. Tugas Anda adalah menyediakan beragam buku yang bisa dibaca bersamanya dalam setiap genre. Ini juga bisa mengajarkan anak untuk percaya diri dalam menentukan pilihan.


5. Tidak Perlu Sepanjang Waktu

Menjadikan aktivitas membaca buku sebagai budaya memang bisa dilakukan secara rutin. Tetapi, bukan berarti Si Kecil dituntut untuk membaca buku setiap saat. Jika anak terlalu ditekan, maka ia akan merasa membaca sebagai sebuah tekanan dan semakin enggan untuk mau membaca kembali.


6. Ajak Diskusi

Jika anak sudah di usia balita, mereka sudah dapat berbicara dan mengungkapkan pendapatnya. Anda bisa mengajak Si Kecil untuk berdiskusi mengenai buku yang ia baca. Mulai dari jalan cerita, karakter, atau objek yang ada dalam imajinasi mereka berdasarkan buku bacaannya.


7. Dari Objek Sederhana

Membaca juga tidak hanya dari buku, tetapi juga bisa dari papan reklame di jalan atau menu di restoran. Pasang juga huruf alfabet di posisi yang mudah dilihat Si Kecil saat di rumah. Ini akan menstimulasinya dalam segi bahasa dan sekaligus bicara. (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)

share to BBM


RELATED ARTICLE

Trik Atasi Masalah Anak yang Tidak Mau Disapih

Tips Mengajak Balita Tidur di Kamarnya Sendiri

Tips Ajarkan Anak Mengendalikan Diri



OTHER ARTICLES

Menyusui di Ruang Publik, Setuju atau Tidak?

Kiat Sukses Inisiasi Menyusui Dini

Fakta Tentang Persalinan Caesar yang Wajib Diketahui

Tips Menjemur Bayi yang Aman dan Tepat

Fakta Tentang Persalinan Normal yang Wajib Diketahui