Mother&Baby Indonesia
Tips Ajarkan Anak Mengendalikan Diri

Tips Ajarkan Anak Mengendalikan Diri

Walter Mishcel, psikolog ahli dalam bidang teori kepribadian dan psikologi sosial, mengatakan bahwa kemampuan anak usia balita dalam mengendalikan diri akan memengaruhi kedisiplinannya di masa depan. Lalu apa yang bisa Anda lakukan untuk mengasah pengendalian diri Si Kecil? Berikut ini penjelasannya, Moms.


1. Bangun Kepercayaan

Dasar dari kemampuan Si Kecil untuk mengendalikan diri adalah kepercayaannya terhadap Anda. Saat Si Kecil terbangun karena lapar misalnya, Anda akan memberikan makanan. Dari sana, ia akan mulai percaya bahwa Anda akan selalu ada untuknya dan terdorong untuk menenangkan diri sendiri jika terjadi sesuatu.




2. Jadi Role Model

Anda ingin Si Kecil mampu mengendalikan diri, namun Anda sendiri malahan sering mudah emosi dan marah jika terjadi sesuatu yang tidak sesuai dengan harapan dan keinginan Anda. Berarti keinginan Anda agar Si Kecil mampu mengendalikan dirinya kemungkinan besar tidak akan terwujud. Untuk membuat Si Kecil mampu mengendalikan diri, Anda harus terlebih dahulu mampu menunjukkannya. Hadapi setiap kondisi dan masalah dengan kepala dingin, agar Si Kecil juga bisa meniru Anda, Moms.




3. Jauhkan Kepanikan

Ketika seorang anak memanjat tangga atau naik ke meja, orang tua biasanya akan panik. Tidak jarang mereka pun marah kepada anaknya. Sikap inilah kemudian yang akan memengaruhi dan membuat anak tidak mampu mengendalikan diri. Semakin sering Anda panik, semakin berkurang pula kemampuan Si Kecil untuk mengendalikan diri.


4. Terus Berlatih

Practice makes perfect! Itulah ungkapan yang paling tepat untuk mengajarkan Si Kecil mengendalikan diri. Ajak ia melatih pengendalian dirinya dengan mengajaknya bermain dengan teman sebaya dan berbagi mainan bersama. Atau Anda juga bisa mengajaknya membuat kue dan melatih kesabarannya dengan menunggu hingga kue yang ia buat sudah matang baru ia bisa memakannya. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: anak,   balita,   pengendalian diri