Mother&Baby Indonesia
Tahapan Pertumbuhan Gigi Bayi Sesuai Usia

Tahapan Pertumbuhan Gigi Bayi Sesuai Usia

Selama masa pertumbuhannya, banyak kejutan yang ditunjukkan Si Kecil. Salah satunya adalah saat ia mulai tumbuh gigi. Menyaksikan gigi Si Kecil tumbuh ini pun menjadi momen yang dinanti, namun juga membuat was-was.

Gigi kecil pertama yang muncul akan membuka jalan bagi 20 gigi lainnya atau dikenal dengan gigi susu. Ini akan bertahan setidaknya selama 5 tahun ke depan. Agar Anda bisa menangani dengan tepat, berikut tahapan munculnya gigi pertama Si Kecil:




0-3 Bulan

Pertumbuhan gigi pada bayi sudah terjadi sejak di dalam kandungan. Awalnya gigi pada bayi berupa tonjolan di sepanjang geraham atas dan bawah, yang mulai terbentuk saat janin berusia 6 minggu. Lalu, akan terbentuk jaringan keras di sekeliling cikal bakal gigi tersebut saat janin berumur 3-4 bulan.

Calon gigi ini akan tetap “bersembunyi” di dalam geraham, sampai bayi lahir dan mencapai umur sekitar 4-7 bulan. Sebelum gigi pertama bayi tumbuh, sebaiknya mulailah membersihkan gusinya secara teratur.

Lakukan dengan menyeka gusi menggunakan kain kasa yang bersih atau kain lap lembut yang telah dibasahi tanpa menggunakan pasta gigi. Momen membersihkan gusi ini paling tepat dilakukan saat memandikan Si Kecil. Tujuannya adalah agar Si Kecil terbiasa dengan rutinitas membersihkan mulut dan gigi.


6 Bulan

Pada kebanyakan bayi, gigi pertama atau gigi susu mulai terlihat pada usia 6 bulan. Pertumbuhan gigi pertama ini disebut erupsi gigi. Umumnya gigi pertama tumbuh secara berpasangan, dimulai dari gigi seri bawah dan atas tengah hingga mencapai 4 buah.



Ketika bayi berusia 12 bulan, gigi serinya akan bertambah menjadi 8 buah. Perlu diketahui bahwa terkadang erupsi gigi susu baru dimulai saat bayi berusia 9 bulan atau bahkan lebih. Pada saat ini terjadi, maka Si Kecil akan merasakan nyeri dan gatal pada gusi sehingga akan lebih rewel daripada biasanya.

Tidak jarang Si Kecil juga akan mengalami demam. Tips sederhana yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal ini adalah dengan mengusap gusi Si Kecil dengan handuk dingin atau berikan teether yang telah dimasukkan ke dalam lemari es untuk digigit. Sensasi dingin handuk dan teether akan memberikan rasa nyaman padanya.


12-16 Bulan

Apabila pertumbuhan gigi Si Kecil berjalan baik, maka pada usia 16 bulan jumlah giginya menjadi 12 buah. Kedelapan gigi seri yang telah tumbuh akan dilengkapi dengan kehadiran gigi geraham pertamanya yang berjumlah 4 buah, yang tumbuh di bagian atas dan bawah.

Sama halnya ketika gigi seri tumbuh, Si Kecil akan merasakan nyeri sehingga mengganggu aktivitasnya sehari-hari. Intensitas air liur Si Kecil juga bertambah. Apabila ini terjadi, siapkan handuk bersih untuk membersihkan liurnya agar tidak menimbulkan iritasi pada kulit wajahnya.

Akibat tidak nyaman pada gusinya, Si Kecil juga terkadang kehilangan nafsu makan sehingga memengaruhi kesehatan pencernaannya. Oleh sebab itu, Moms perlu memerhatikan makanannya dengan cara mengubah teksturnya menjadi lebih lunak atau empuk dan lembut untuk memudahkan ia makan. (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: bayi,   tumbuh kembang,   gigi,   tahapan,   milestones