Mother&Baby Indonesia
Ini yang Dibutuhkan Bayi di Setahun Pertamanya (2)

Ini yang Dibutuhkan Bayi di Setahun Pertamanya (2)

Menjadi orang tua baru pasti merupakan tantangan, bahkan 'teror' tersendiri bagi Anda. Untuk mengatasinya, Anda wajib mengetahui apa saja yang dibutuhkan bayi di awal kehidupannya.

Ya, kebanyakan orang tua hanya sibuk menyiapkan perlengkapan untuk menyambut kehadiran bayinya, namun tidak menyadari apa kebutuhan dasarnya. Apa sebenarnya yang dibutuhkan bayi di tahun pertama kehidupannya? Setelah Anda mengetahui apa yang dibutuhkan Si Kecil di 6 bulan pertama usianya, berikut ini penjelasan mengenai apa yang dibutuhkan bayi di usia 7-12 bulan.




7 Bulan: Bermain Cilukba

Cilukba merupakan permainan yang menyenangkan sekaligus bermanfaat bagi bayi. Melalui permainan ini, ia akan memahami walaupun tidak selalu terlihat, Anda selalu ada untuknya. Ajaklah ia bermain cilukba dengan meletakkan selimut di atas kepalanya, lalu tarik dengan cepat. Anda pun akan menikmati senyum dan tawa cerianya.


8 Bulan: Rutinitas

Di usia ini, Anda memang masih boleh menggunakan jadwal yang fleksibel kepada bayi, namun jangan terlalu fleksibel. Menurut David Burnham, M.D, dokter anak dan direktur kesehatan dari HealthEast Maplewood Clinic di St. Paul, Minnesota, AS, Anda harus mulai menekankan rutinitas baginya. Rutinitas akan menekan timbulnya hormon stres, sehingga Anda dan bayi pun bisa menjalani hari lebih tenang. Di malam hari, usahakan mengajaknya tidur di jam yang sama setiap hari. Ciptakan suasana tenang dan letakkan ia di boksnya hingga terlelap.


9 Bulan: Permainan Menyusun

Ada banyak mainan di luar sana yang melabelkan mampu meningkatkan kecerdasan otak bayi. Namun, di usia ini, tidak ada yang lebih baik baginya daripada permainan menyusun donat atau balok. Menyusun mainan tersebut akan menstimulasi kemampuan bayi untuk meraih dan menggenggam sesuatu.




10 Bulan: Objek yang Membuat Nyaman

“Kecintaan terhadap sesuatu dapat mengatasi stres, dan itu pun berlaku bagi bayi. Saat ia merasa stres karena lapar atau lelah, ia akan lebih bisa mengatasi dirinya jika memiliki benda yang dicintai, seperti selimut, boneka, atau lainnya,” tutur Holly Brophy-Herb, Ph.D, Asosiasi Profesor Perkembangan Anak di Michigan State University, AS. Namun tidak semua anak memiliki objek yang menyamankannya, jadi jangan dipaksakan.


11 Bulan: Bayi Lain

Ini adalah saat yang tepat bagi Anda untuk mengajak bayi bersosialisasi. Ajak ia ke playground agar bisa bertemu bayi lain. Biarkan ia bermain, sementara Anda cukup mengawasinya saja. Saat mengajak Si Kecil bermain ke playground atau playdate dengan bayi-bayi lain, ia akan merasa senang. Ia pun akan lebih termotivasi untuk belajar jalan, saat melihat bayi lain sudah mampu berjalan.


12 Bulan: Kue Ulang Tahun

“Saat Anda membiarkan Si Kecil mengambil kue ulang tahun dengan tangan dan memasukkannya ke mulut, ia akan merasakan kepuasan luar biasa. Bagaimana tidak? Anda mengizinkannya melakukan sesuatu yang biasanya tidak boleh, tanpa dimarahi,” ujar Jennifer Margulis, Ph.D, penulis Why Babies Do That: Baffling Baby Behavior Explained. Jangan lupa untuk ucapkan selamat ulang tahun buat Si Kecil, Moms! (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: anak,   bayi,   kebutuhan bayi,   tahun pertama bayi










Cover April 2020