Mother&Baby Indonesia
Waspada Candidiasis, Penyakit Infeksi Oral pada Bayi

Waspada Candidiasis, Penyakit Infeksi Oral pada Bayi

Moms, nyatanya menjaga bayi agar tetap bersih demi kesehatannya sangat penting dilakukan. Sebab, berbagai penyakit bisa mengancam Si Kecil jika kebersihan dirinya tidak diperhatikan dengan baik. Dan salah satu penyakit yang bisa menyerang bayi adalah candidiasis.

Penyakit yang dikenal juga dengan oral thrush ini dapat muncul di beberapa bagian tubuh, namun yang paling sering mengalami infeksi ini adalah area mulut dan genital. Candidiasis disebabkan jamur yang disebut Candida albicans, yaitu jamur normal yang berada pada mulut, usus, dan genitalia.

Biasanya, jamur ini tumbuh di area yang hangat dan lembap. Terkadang jamur ini tumbuh secara berlebihan sehingga dapat dilihat dalam rupa bercak-bercak keputihan, yang dapat menganggu kesehatan, terutama pada Si Kecil.




Penyebab dan Gejala

Meskipun candidiasis dapat menyerang siapa saja, kondisi ini lebih mungkin terjadi pada bayi. Oleh karena itu, sangat penting untuk selalu menjaga kebersihan mulut maupun alat kelamin bayi. Selain itu, candidiasis juga mudah dialami lansia, terutama yang menggunakan gigi tiruan.

Orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah karena penyakit, seperti diabetes dan kanker, juga rawan terkena infeksi ini. Beberapa kasus lain juga disebabkan oleh penggunaan obat-obatan tertentu. Karenanya, menjaga tubuh agar tetap bugar sangat penting agar terhindar dari candidiasis.

Pada bayi yang terkena jamur Candida di mulutnya akan menampakkan gejala lesi putih atau krem di lidah, pipi bagian dalam, langit-langit mulut, gusi, serta amandel. Lesi tersebut tidak akan segera menghilang dan dapat bertahan lama bahkan sampai berminggu-minggu.

Bayi mungkin juga mengalami kesulitan makan dan menjadi rewel. Infeksi ini pun bisa menular kepada ibu selama masa menyusui. Hal ini akan ditandai dengan puting susu memerah, gatal, terasa nyeri hingga sakit tak biasa saat proses menyusui.


Tindakan Pengobatan

Apabila mengetahui Si Kecil mengalami candidiasis, segera lakukan pengobatan. Tindakan pun bergantung pada lokasi infeksi, usia, dan tingkat keparahan. Candidiasis mulut maupun di area genital yang berupa ruam popok dapat diobati dengan obat anti-jamur.



Selain itu, kebersihan mulut bayi harus benar-benar diperhatikan. Maka, gosoklah gigi susu yang baru tumbuh dengan sikat gigi bayi. Perhatikan juga kondisi Si Kecil jika sudah mengalami lesi yang terasa menyakitkan, sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari.

Jika hal ini terjadi, segera periksakan ke dokter gigi. Dokter akan meresepkan obat anti-jamur yang tepat dan sesuai untuknya.


Pencegahan

Tindakan pencegahan pun perlu dilakukan agar Si Kecil tidak terkena infeksi candidiasis ini. Berikut yang bisa Moms lakukan:

1. Selalu bersihkan puting payudara sebelum menyusui bayi. Caranya adalah dengan mengusapkan handuk hangat ke puting dan bagian payudara sampai bersih.

2. Sterilkan dot bayi sebelum dan sesudah digunakan.

3. Selalu ingat untuk mencuci tangan menggunakan sabun sebelum memegang bayi.

4. Perhatikan kebersihan semua perlengkapan makan bayi maupun mainan yang sering dimasukkan ke dalam mulutnya. (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: bayi,   kesehatan,   candidiasis,   penyakit,   oral










Cover Mei-Juni-Juli 2020