Mother&Baby Indonesia
Moms, Ini Perlengkapan Wajib untuk Bayi Baru Lahir

Moms, Ini Perlengkapan Wajib untuk Bayi Baru Lahir

Ketika mendekati waktu persalinan, ada banyak hal yang harus Moms persiapkan. Mulai dari mental menghadapi proses melahirkan, sampai perlengkapan yang wajib ada di tas siaga. Jadi, ketika waktunya tiba, Anda dan pasangan sudah siap dengan berbagai hal yang dibutuhkan pasca persalinan.

 

Namun, barang-barang yang perlu dipersiapkan tersebut tidak hanya untuk ibu semata, seperti bantal yang nyaman atau pakaian ganti. Tetapi juga perlengkapan untuk Si Kecil yang baru lahir ke dunia. Lalu, apa sajakah perlengkapan yang dibutuhkan bayi baru lahir? Berikut daftarnya, Moms:



 

Pakaian Bayi

Perlengkapan yang membutuhkan bahan kain yang masuk di daftar ini perlu dicuci terlebih dahulu ya, Moms. Ini dilakukan agar pakaian yang dikenakan tetap higienis dan tidak menimbulkan gangguan kulit Si Bayi.


1. Popok

Ini menjadi yang paling utama untuk dibawa, Moms. Sebab, bayi yang baru lahir pasti akan buang air besar dan kecil lebih sering dibandingkan orang dewasa. Pemilihan popok juga lebih baik menggunakan popok kain untuk menghindari risiko masalah kulit, seperti iritasi kulit dan ruam popok.


2. Baju bayi

Agar tubuh Si Kecil tidak kedinginan, ia sudah bisa dipakaikan baju dengan lengan panjang maupun pendek. Pilihlah baju berbahan katun yang nyaman untuk bayi, serta mampu menyerap keringat bayi dengan baik.


3. Kaus dalam, celana bayi, dan baju hangat. 

Tubuhnya yang mungil memungkinkan Si Bayi untuk kedinginan, jadi pakaikan baju berlapis saat cuaca sedang dingin. Berikan juga celana agar dapat membuat kakinya tetap hangat.


4. Aksesoris

Topi dan kaus kaki dapat Moms siapkan juga untuk menghindarkannya dari rasa dingin atau kepanasan. Keduanya juga bisa dipakai saat berada di dalam ataupun di luar ruangan. Sarung tangan juga bisa dipakaikan pada Si Bayi agar kukunya tidak menggores kulit bagian wajah.

 

Baca juga: 5 Dana Penting yang Perlu Disiapkan Pasca Persalinan


Perlengkapan Mandi


1. Bak mandi

Agar Moms lebih mudah saat memandikan bayi, siapkan bak mandi khusus untuk bayi.


2. Waslap

Saat memandikan bayi, gunakan waslap untuk mengusap dan menyeka tubuh Si Bayi.


3. Sabun

Siapkan sabun khusus bayi yang tidak mengandung pewangi untuk membersihkan tubuh bayi Anda.


4. Handuk

Gunakan handuk yang berbahan halus agar tak melukai tubuh bayi setelah mandi.




5. Minyak telon dan baby cream

Sehabis mandi, Moms dapat memberikan minyak telon untuk menghangatkan tubuh Si Kecil. Ia pun akan terhindar dari gigitan nyamuk. Sedangkan baby cream berguna untuk melembapkan kulit bayi.

 

Baca juga: Pertanyaan Saat Check-up Pasca Melahirkan


Perlengkapan Menyusui

Untuk Moms, kesiapan pemberian ASI juga harus ditunjang dengan perlengkapan menyusui lainnya.


1. Pompa ASI

Saat ASI Anda mulai keluar, tak ada salahnya untuk menampung ASI dengan menggunakan pompa ASI manual atau elektrik.


2. Wadah untuk ASI

Setelah dipompa, Anda dapat memakai botol kecil atau kantung ASI sebagai wadah penyimpanan.


3. Pendingin khusus untuk ASI

Tempat menyimpan ASI agar tetap terjaga nutrisinya adalah pendingin. Namun sebaiknya, pisahkan tempat penyimpanan ASI dengan tempat menyimpan makanan lain.


4. Apron menyusui

Ini akan membuat Anda lebih nyaman ketika menyusui, khususnya di luar ruangan.


5. Peralatan pembersih botol

Berbagai alat seperti sikat botol dan sabun khusus perlu Anda siapkan untuk membersihkan peralatan bayi.


Perlengkapan Tidur Bayi

Setelah menyusui, Si Bayi biasanya akan tidur. Agar ia tidur dengan nyaman dan nyenyak, berikut perlengkapan yang bisa Anda siapkan:


1. Perlak

Alas berbahan plastik ini dapat menjaga tempat tidur bayi tidak basah jika ia mengompol. Tutupi perlak dengan kain seprai.


2. Kain bedong

Kain bedong biasa digunakan sebagai pengganti selimut. Namun usahakan agar tidak membelit bayi dengan kencang agar ia tetap dapat bergerak serta bernapas.


3. Tempat tidur bayi

Usahakan agar bayi tidur di tempat tidurnya sendiri dan berada di kamar berbeda dengan Anda. Selain itu, jangan mengisi tempat tidur dengan boneka atau bantal karena dapat membuat bayi mengalami gangguan pernapasan. (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: bayi,   perlengkapan,   bayi baru lahir,   newborn










Cover April 2020