Home - Bayi - Perawatan Bayi / 5 November 2018 / Redaksi

Kenali dan Obati Gangguan Kulit Eksem pada Anak

Moms, salah satu gangguan kulit yang bisa dialami Si Kecil adalah eksem atau dermatitis atopik. Ini merupakan kondisi di mana kulit memerah dan gatal akibat inflamasi atau iritasi. Umumnya diikuti pula dengan asma dan alergi.


Tanda dan gejala eksem ini bervariasi antar orang. Namun, eksem hampir selalu menimbulkan rasa gatal yang menjadi parah, terutama di malam hari. Area kulit yang mengalami eksem biasanya menjadi sangat kering, menebal, dan bersisik.


Pada orang yang memiliki kulit putih, area ini diawali dengan kemerahan dan berubah menjadi cokelat. Sementara pada orang berkulit lebih gelap, eksem dapat memengaruhi pigmentasi, membuat area kulit yang terkena menjadi lebih terang atau lebih gelap dibandingkan warna kulit aslinya. 


Penyebab Eksem

Meskipun belum diketahui penyebabnya sampai sekarang, namun kondisi ini tampaknya berhubungan dengan respons berlebihan dari sistem imun tubuh terhadap bahan penyebab iritasi. Eksem cenderung berkaitan dengan gabungan berbagai faktor.

Di antaranya, kulit kering yang menurunkan kemampuan kulit untuk menjadi penghalang yang efektif. Bakteri seperti Staphylococcus aureus pada kulit yang membentuk lapisan yang menutupi kelenjar keringat serta kondisi lingkungan juga bisa menjadi penyebab.

Pada beberapa anak, kontak langsung dengan material yang kasar, cuaca yang terlalu panas atau terlalu dingin, terpapar dengan produk rumah tangga tertentu, seperti sabun atau detergen, atau kontak langsung dengan bulu hewan bisa menimbulkan eksem.


Pengobatan Eksem

Target pengobatan eksem adalah untuk meredakan dan mencegah gatal serta infeksi. Gunakan losion dan krim untuk menjaga kulit tetap lembap. Pengobatan lainnya termasuk antihistamin untuk mengurangi rasa gatal yang parah, phototherapy (terapi dengan sinar UV pada kulit), dan obat cyclosporine.

Segera hubungi dokter apabila kulit anak makin kering dan pecah-pecah, disertai rasa gatal yang tidak kunjung mereda, kulit meradang, perubahan warna kulit yang drastis atau demam tinggi. (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)

share to BBM


RELATED ARTICLE

Moms, Ini 5 Langkah Cegah Ruam Popok pada Bayi

Kenali Penyebab dan Cara Atasi Bisulan pada Anak

Moms, Waspadai Obesitas pada Bayi Anda



OTHER ARTICLES

5 Karakter Tidur Bayi Baru yang Mesti Anda Pahami

Bahaya Risiko Obesitas Karena Kurang Tidur pada Anak

Hati-Hati, Pepes bisa Kurangi Gizi pada Ikan!

Mengenal dan Mengatasi Penyakit Kuning pada Bayi

Cara Mengajarkan Anak Mengenal Cuaca