Home - Bayi - Perawatan Bayi / 2 November 2018 / Redaksi

Moms, Ini 5 Langkah Cegah Ruam Popok pada Bayi

Jika Si Kecil rewel, gelisah, dan muncul ruam merah di sekitar pantatnya, bisa jadi ia terkena ruam popok! Gangguan ini merupakan salah satu masalah yang paling sering muncul pada bayi ya, Moms. Sebab, ruam dengan bintik-bintik merah tersebut menimbulkan rasa gatal dan bisa membuat Si Kecil rewel dan menangis terus-terusan.


Penyebab Ruam Popok




Ruam popok biasanya terjadi di daerah yang tertutup popok, seperti di sekitar alat kelamin, pantat, dan pangkal paha bagian dalam. Penyebabnya bisa beragam, seperti terlalu lama bersentuhan dengan popok kotor, popok yang terlalu ketat, atau adanya iritasi pada kulit bayi yang masih sensitif.

Selain itu, anak yang sedang mencoba makanan baru atau masuk masa MPASI juga bisa mengalami ruam popok. Hal ini akibat asupan makanan yang memengaruhi feses bayi. Jika bayi di bawah usia tersebut mengalaminya, mungkin hal tersebut disebabkan dari makanan yang Moms konsumsi.

Seperti yang Moms ketahui, kulit bayi, terutama newborn, memang masih sangat sensitif dan sangat mudah iritasi. Jika kulit bayi lembap karena keringat atau sisa urine yang kemudian bergesekan dengan popok, maka hal ini bisa menjadi penyebab ruam popok.

Kondisi tersebut tentunya akan membuat bayi merasa gatal dan tidak nyaman. Bahkan bisa menangis karena kesakitan akibat ruam yang tidak kunjung hilang.


Cara Mencegah Ruam Popok pada Bayi


Untuk mencegah hal tersebut. Moms bisa ikuti beberapa langkah berikut ini:



1. Ganti popok setiap 2 kali sehari, atau sesering mungkin untuk menghindari popok lembap.

2. Sebelum memakai popok, pastikan kulit bayi sudah bersih, pantat dan lipatan kulitnya juga sudah kering. Kemudian olehkan diaper rash cream yang aman dan alami.

3. Pilih popok yang lembut dan berdaya serap tinggi agar kulit bayi tetap kering.

4. Jangan terlalu sering memakaikan popok sekali pakai. Ada baiknya untuk membiarkan bayi sekali-kali menggunakan popok kain.

5. Bila sudah terjadi iritasi atau ruam, olehkan krim khusus ruam, agar kulit bayi menjadi sejuk dan nyaman.


Jika kondisi ruam Si Kecil tidak hilang selama 2-3 hari, bawalah ia ke dokter. Pengobatan dilakukan dengan pemberian krim steroid, krim antijamur (jika dia terinfeksi jamur), atau antibiotik (jika dia terinfeksi bakteri). Dan biarkan Si Kecil terbebas dari popok untuk sementara waktu sampai ruamnya sembuh. (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)

 

 


RELATED ARTICLE

Moms, Waspadai Obesitas pada Bayi Anda

Tips Memilih Pelindung Pakaian untuk Bayi

Menangani Bayi Kejang Tanpa Demam

OTHER ARTICLES

Trik Cerdas Memilih Aksesori Rambut untuk Anak

Cara Mudah dan Murah Belanja Produk Kesehatan

Kenali Polyhidramnios, Penumpukan Air Ketuban

5 Tips Melakukan Olahraga di Bulan Puasa

Trik Memilih Nama untuk Bayi Anda