Home - Kehamilan & Persalinan - Persalinan / 8 November 2018 / Redaksi

Menangani Jahitan Luka Akibat Persalinan

Proses kelahiran normal terkadang menyebabkan robekan di jalan lahir. Robekan ini terjadi pada otot perineum, yaitu otot di antara vagina hingga ke lubang anus. Robekan pada otot ini tidak semuanya sama, ada tingkatan mulai dari robekan normal hingga parah. Sekitar 60-70 persen dari kasus robekan tersebut membutuhkan jahitan, terutama mereka yang mengalami robekan pada level tertinggi.

(Baca juga: Mengetahui Lebih Jauh tentang Robekan saat Persalinan)

 

Nah Moms, luka bekas jahitan pastinya harus selalu dijaga kebersihannya. Berikut ini beberapa tips untuk menangani jahitan luka akibat persalinan:

1. Kenakan perban gel dingin atau kompreskan kacang polong beku di area perineum Anda selama 30 menit hingga 1 jam. Ingat, sebelumnya kacang polong beku dibungkus dengan kain bersih untuk melindungi kulit Anda. Anda bisa mengulangi pengompresan 1 jam kemudian.

2. Basuh vagina dengan air hangat untuk mengurangi rasa sakit sekaligus menjaga area perineum tetap bersih. Keringkan jahitan Anda dengan kertas toilet dengan arah dari depan ke belakang secara lembut.

3. Jangan menggunakan tampon hingga Anda dinyatakan telah benar-benar sembuh oleh dokter.

4. Jika Anda merasa tidak nyaman untuk duduk, coba gunakan bantal donat (bantal dengan lubang di bagian tengahnya).

5. Di hari-hari pertama, berendam dengan air dingin dapat membantu mengurangi pembengkakan. Atau Anda bisa juga berendam dengan air hangat, jangan lupa memberi campuran tetesan minyak lavender atau minyak daun teh ke dalam air. Hal ini bisa membantu Anda merasa nyaman duduk di dalam air hangat. Sesudahnya, keringkan luka dengan cara menepuk perlahan bekas jahitan dengan handuk lembut.

6. Minum obat penghilang rasa sakit jika nyeri menyerang. Tentunya dosis dan lama penggunaan disesuaikan dengan petunjuk dari dokter.

7. Bergerak membuat sirkulasi darah Anda lancar. Bahkan, cobalah untuk berjalan kaki setidaknya 1 jam setiap hari. Selain dapat membantu menurunkan berat badan, hal tesebut juga bisa menghilangkan sakit.

 

Agar Cepat Pulih

Untuk mengurangi risiko terjadinya infeksi akibat jahitan luka robekan tersebut, Moms sebaiknya melakukan hal-hal di bawah ini:

1. Membersihkan perban secara teratur, cuci tangan sebelum dan sesudahnya.

2. Biarkan jahitan terpapar udara selama 10 menit sambil Anda berbaring. Tempatkan handuk bersih di bawah Anda untuk melindungi tempat tidur Anda dari noda darah yang mungkin terjadi.

3. Pakailah celana dalam berbahan katun yang longgar untuk membantu sirkulasi udara dan hindari memakai celana yang ketat.

4. Minumlah cukup air setiap hari dan makan makanan kaya serat untuk mencegah konstipasi. Akan jauh lebih nyaman bila Anda bisa buang air besar dengan mudah, bukan?

5. Jika luka cukup parah, disarankan untuk mendapatkan antibiotik guna mencegah infeksi. Anda juga bisa diberikan obat pencahar yang dapat membuat Anda buang air besar dengan lebih mudah. (M&B/SW/Dok. Freepik)

share to BBM


RELATED ARTICLE

Mengetahui Lebih Jauh tentang Robekan saat Persalinan

Pentingnya Suplai Oksigen selama Persalinan

Risiko Persalinan dengan Vakum



OTHER ARTICLES

5 Karakter Tidur Bayi Baru yang Mesti Anda Pahami

Bahaya Risiko Obesitas Karena Kurang Tidur pada Anak

Hati-Hati, Pepes bisa Kurangi Gizi pada Ikan!

Mengenal dan Mengatasi Penyakit Kuning pada Bayi

Cara Mengajarkan Anak Mengenal Cuaca