Mother&Baby Indonesia
Ajarkan Toleransi dan Empati pada Anak Lewat Buku

Ajarkan Toleransi dan Empati pada Anak Lewat Buku

Moms, tanpa disadari, anak-anak kini terekspos oleh perilaku intoleransi dalam kehidupan sehari-hari. Padahal, toleransi merupakan kunci dalam menciptakan rasa saling mengerti dan meredam ketakutan. Toleransi mencakup penerimaan, keterbukaan, dan respek terhadap perbedaan. Dan itu merupakan hal yang sangat penting untuk kita tanamkan kepada Si Kecil.

Peduli dengan hal tersebut, penulis buku anak Sekar Sosronegoro bersama penerbit Buah Hati, kembali merilis buku yang berjudul Jenggo, Ayam Jago yang Sombong. Buku ketiga sekaligus terakhir dari rangkaian Seri Buku Toleransi ini diluncurkan 17 November lalu di Yogyakarta, bertepatan dengan peringatan Hari Toleransi Internasional.

Sekar menjelaskan bahwa dari Jenggo, anak dapat belajar salah satu hal penting dalam bertoleransi, yaitu kemampuan memahami apa yang dirasakan dan dialami oleh orang lain. Dalam proses pembuatannya, Sekar yang berdomisili di Los Angeles, Amerika Serikat, menggandeng Mira Tulaar (Bali) sebagai ilustrator dan Siti Nur Andini (Jakarta) sebagai editor.





Tidak hanya itu, Seri Buku Toleransi bekerja sama dengan Indika Foundation, juga komunitas pengasuhan anak dan penggiat toleransi lainnya seperti The Habibie Center, Mother&Baby Indonesia, Parentalk ID, Mommies Daily, SmartMama.com, Rumah Dandelion, serta Toleransi.id.



Buku ini sendiri berkisah tentang Jenggo, seekor ayam jago yang merasa terancam dengan kehadiran keluarga kambing di peternakan, sampai akhirnya sebuah kejadian membuatnya sadar akan pentingnya bersikap adil terhadap sesama.



Sekar berharap, lewat buku ini, anak-anak dapat belajar berempati sejak dini, sehingga mereka mampu melihat dunia dari sudut pandang yang berbeda—hal yang krusial mengingat kita hidup dalam masyarakat yang beragam. Belajar berempati lewat cerita tentang bullying dan diskriminasi adalah tujuan yang ingin dicapai buku ini. Yuk, segera dapatkan buku ini dan ajak Si Kecil membacanya bersama ya, Moms! (Nanda Djohan/SW/Dok. Seri Buku Toleransi)



Tags: buku jenggo,   buku toleransi,   toleransi,   mengajarkan toleransi pada anak,   mengajarkan anak empati








Cover Januari - Februari 2020