Mother&Baby Indonesia
Memandikan Bayi Baru Lahir, Mudah Kok Moms!

Memandikan Bayi Baru Lahir, Mudah Kok Moms!

Salah satu tantangan para ibu baru adalah memandikan Si Kecil yang baru lahir. Apalagi, tubuh newborn masih tergolong ringkih, sehingga sebaiknya tidak dimandikan dengan cara direndam. Moms pun perlu mempelajari cara memandikan bayi baru lahir dengan tepat dan aman.


Mandi Seka untuk Bayi

Mandi seka menjadi pilihan terbaik untuk menjaga kebersihan tubuhnya di beberapa bulan pertama. Terlebih jika tali pusat bayi belum terlepas. Anda harus tahu cara melakukannya dengan baik agar momen mandi pertama Si Kecil tidak berubah menjadi trauma. Yuk, simak cara mandi seka yang tepat!



1. Usap kedua mata dan telinganya dengan menggunakan ujung waslap yang sudah dibasahi, dari bagian dalam menuju keluar. Gunakan bagian handuk yang masih bersih, setiap kali mengusap.

2. Bersihkan area di bawah hidung. Kemudian lanjutkan menyeka area bibir, di mulai dari bagian tepi.

3. Usap seluruh wajah dengan menggunakan lap baru, mulai dari hidung, pipi, hingga dahi. Lalu, keringkan.

4. Kucek perlahan waslap yang sudah dibasahi dan diberi sabun. Kemudian usapkan dari bagian leher, bahu, ketiak, lengan, dada, perut, kaki, jari, hingga punggung dengan gerakan satu arah. Bilas dengan handuk basah, lalu keringkan.

5. Gunakan waslap baru yang sudah dibasahi, untuk mengusap bagian kelamin dan bokongnya. Kemudian, keringkan.

6. basahi kepala Si Kecil dengan air, lalu tuangkan sampo. Gosok bagian kepalanya secara perlahan dengan gerakan melingkar. Setelah itu, bilas dan keringkan.




Perlu Diperhatikan

• Selama memandikan bayi Anda, pastikan suhu ruangan dan air yang digunakan dalam keadaan hangat. Disarankan menggunakan air bersuhu 36-38 derajat C. jangan lupa untuk melepaskan aksesoris dan cuci tangan Anda sebelum memandikan bayi, untuk menghindari cedera dan penyebaran bakteri.

• Persiapkan semua perlengkapan sebelum membawa Si Kecil ke tempat mandi, seperti waslap dan handuk untuk memandikan. Sediakan juga popok dan baju ganti, agar Si Kecil tidak terlalu lama menunggu dan merasa kedinginan setelah dimandikan.

• Hindari membersihkan tali pusat dengan waslap basah. Sebaliknya, gunakan cotton bud kering untuk membersihkannya. Jangan gunakan area handuk yang sama setiap mengusap bagian tubuh. Ini untuk menghindari penyebaran kuman, terutama pada bagian bokong dan kelamin.

• Pada bayi perempuan, bersihkan alat kelamin dari vagina menuju anus. Pada bayi laki-laki, bersihkan dengan cara menarik kulup perlahan.

Dengan melakukannya secara benar dan tepat, bayi Anda yang baru lahir pun akan tetap bersih dan segar. (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: bayi,   newborn,   mandi










Cover April 2020