Mother&Baby Indonesia
10 Cara Memanjakan Diri Selama Kehamilan

10 Cara Memanjakan Diri Selama Kehamilan

Kehamilan memang bukan proses yang mudah dan penuh tantangan. Anda harus berjuang melawan morning sickness, sakit punggung, kaki bengkak, serta emosi yang naik-turun. Hal ini yang membuat para calon ibu membutuhkan waktu untuk memanjakan diri.

 

Anda tentu bisa melakukan berbagai hal istimewa sebagai bentuk apresiasi terhadap perjuangan selama hamil! 10 hal yang Mother&Baby berikan berikut ini bisa menjadi daftar kegiatan wajib Anda lakukan agar masa kehamilan semakin menyenangkan.



 

1. Belanja Baru

Kehamilan menjadi salah satu alasan Anda untuk belanja! Pilihlah baju baru yang nyaman untuk digunakan selama hamil. Saat ini pun, sudah banyak pilihan baju hamil yang trendi dan stylish. Jangan hanya karena hamil, Anda tidak bisa lagi tampil fashionable!

Pertimbangkan pula untuk membeli pakaian dalam baru yang mampu mengakomodir kenaikan berat badan Anda. Pilih yang nyaman dan bisa menyerap keringat. Anda juga bisa memilih baju tidur yang nyaman, agar tidur lebih nyenyak di malam hari. Jangan lupa membeli baju tidur yang seksi untuk malam panas bersama pasangan, ya!

 

2. Atur Waktu Tidur

Setelah melahirkan, akan semakin sulit bagi Anda memiliki waktu tidur ideal. Jadi manfaatkan waktu selagi masih bisa tidur. Istirahatkan badan sejenak dengan tidur siang, terutama saat weekend. Tinggalkan to do list Anda sejenak dan tidurlah lebih cepat! Nikmati kesempatan ini, sebelum waktu tidur Anda jauh berkurang setelah Si Kecil lahir.

 

3. Berendam

Hal sederhana yang dapat dilakukan untuk menghilangkan rasa lelah dan stres adalah mandi dan berendam. Biarkan tubuh Anda tenggelam dalam busa dan air hangat. Rasakan segarnya pikiran, setelah lelah bertarung dengan rasa mual seharian.

 

4. Sewa Jasa Kebersihan

Merapikan dan membersihkan rumah menjadi sulit dilakukan saat hamil. Menyewa jasa kebersihan dapat menjadi solusinya! Selain rumah menjadi bersih, Anda juga punya waktu lebih banyak untuk bersantai.

 

5. Movie Night

Nikmati saat berdua sebelum Si Kecil lahir. Pergilah bersama pasangan menuju bioskop terdekat! Habiskan waktu bersama, untuk menonton film favorit yang romantis atau mengundang gelak tawa. Lanjutkan dengan makan malam berdua di restoran idaman.

 



6. Perawatan Kecantikan

Manjakan diri Anda selama hamil dengan pijat serta perawatan kecantikan. Mulailah dengan meni-pedi, terutama bebebrapa bulan terakhir, ketika Anda sudah tidak dapat menyentuh jari-jari kaki. Pastikan alat medicure-pedicure bukan bekas pemakaian sebelumnya dan sudah steril dari kuman.

Pilihlah juga terapis yang berpengalaman, agar kemungkinan terjadinya kecelakaan dapat dihindari. Setelah itu, lanjutkan dengan rangkaian creambath atau masker untuk menjinakkan rambut yang sudah kaku.

 

7. Bikini Wax

Tertarik mencoba bikini wax? Lakukan seminggu sebelum due date, sehingga Anda tidak perlu khawatir saat proses persalinan. Agar tetap aman, pastikan dokter kandungan sudah memberikan izin.

Jika tidak sabar menanti hingga akhir kehamilan, Anda bisa melakukannya minimal setelah trimester pertama. Jangan lupa perhatikan kebersihan alat yang digunakan dan beritahu terapis bahwa Anda sedang hamil.

 

8. Babymoon

Pergi berdua dengan suami atau babymoon, bisa menjadi cara terbaik menikmati kehamilan. Berlibur ke tempat yang menenangkan atau ke lokasi tujuan wisata idaman, tentu akan membuat pikiran Anda lebih rileks, sekaligus hati lebih bahagia.

 

9. Variasi Olahraga

Menjaga kebugaran tubuh mungkin menjadi salah satu cara Anda dalam memanjakan diri. Coba lakukan jenis olahraga yang aman untuk ibu hamil. Anda bisa memilih yoga yang memberi banyak manfaat. Ajak suami atau bergabung dengan komunitas olahraga untuk menambah motivasi!

 

10. Istirahat

Selama hamil, Anda tidak perlu memaksakan diri melakukan segala hal. Cobalah untuk menikmati waktu dengan beristirahat atau bercanda dengan si kakak. Bersantai dengan si kakak, juga dapat mengurangi rasa irinya saat si adik lahir. Tenang, semua orang akan mengerti, Anda membutuhkan istirahat cukup.

 

Selain itu, Anda juga bisa menikmati makanan kesukaan sesekali untuk memanjakan diri. Namun yang paling utama, nikmati masa kehamilan Anda. Ini bisa memudahkan saat proses persalinan terjadi hingga Si Kecil lahir, Moms. Selamat memanjakan diri dan menikmati kehamilan Anda! (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: kehamilan,   kenyamanan,   kesehatan,   relaksasi