Mother&Baby Indonesia
Ini Manfaat Pijat Prenatal untuk Ibu Hamil

Ini Manfaat Pijat Prenatal untuk Ibu Hamil

Moms, semakin besar kehamilan Anda, pastinya Anda juga semakin lelah. Perut yang membesar akan membuat nyeri punggung dan nyeri pinggang terasa semakin menyiksa. Belum lagi bonus kaki yang bengkak yang membuat aktivitas jalan-jalan di mal jadi tidak menyenangkan lagi buat Anda.

 

Tidak dapat dimungkiri, kehamilan memang memberikan beberapa keluhan yang tidak mungkin bisa dihindari. Namun ada banyak cara untuk meredakannya, Moms. Salah satunya adalah dengan pijat prenatal atau dikenal juga dengan pijat kehamilan.



 

Menurut American Pregnancy Association (APA), pijat prenatal memiliki banyak manfaat, baik untuk psikologis maupun fisik ibu hamil. Terapi pijat saat hamil efektif mengurangi kecemasan, gejala depresi, nyeri sendi, dan meningkatkan stamina saat bersalin. Masih banyak lagi manfaat yang lain dari pijat prenatal. Yang pasti, sesi pijat ini memberikan Anda me time yang membuat Anda rileks. Ini alasan terbaik untuk memanjakan tubuh Anda. Berikut ini beberapa manfaat lain yang bisa Anda peroleh dari pijat prenatal, Moms.

 

Mengatasi Stres dan Cemas Berlebih

APA pernah membuat studi tentang hubungan pijat prenatal dengan hormon-hormon penenang dan penyebab stres. Hasilnya, pijat prenatal terbukti dapat memperbaiki mood dan meningkatkan kesehatan kardiovaskular. Menurut penelitian tersebut, ibu hamil yang dipijat setiap 2 minggu sekali, selama 5 minggu, memiliki kadar hormon-hormon penyebab stres yang lebih rendah. Sebaliknya, kadar hormon bahagia akan meningkat. Perubahan kadar hormon ini pun akan menurunkan risiko komplikasi pada bayi baru lahir, seperti bayi lahir dengan berat badan rendah.

 



Mengatasi Bengkak

Ibu hamil pasti sering mengalami bengkak di persendian yang biasa disebut juga dengan edema. Penyebabnya sederhana, yaitu pembuluh darah besar menerima tekanan darah yang kencang dari janin di perut Anda yang kian membesar. Hal ini bisa diatasi dengan pijat prenatal. Pijat prenatal akan menstimulasi sel-sel untuk mengurangi cairan di sendi yang bengkak.

 

Mengatasi Nyeri Saraf Pinggul

Menjelang pertengahan hingga akhir kehamilan, janin mulai menetap pada posisi yang sesuai untuk kelahiran. Posisi dan berat janin terkadang menduduki saraf siatika, tepat di bagian bawah tulang belakang. Nah, itulah yang membuat Anda pegal, nyeri, atau bahkan kebas di daerah pinggul, bokong, hingga kaki bagian belakang. Namun jangan khawatir, Moms. Dengan pijat prenatal segala keluhan nyeri saraf pinggul itu dapat diredakan.

 

Mengatasi Sakit Punggung

Sering sakit punggung saat hamil? Anda tidak sendiri, karena rasanya hampir semua ibu hamil pernah mengalaminya. Menurut APA, sekitar 70 persen wanita hamil mengalami sakit punggung. Penyebabnya banyak, bisa karena perubahan hormon, pertambahan berat badan, dan bahkan karena stres. Jika sudah berhubungan dengan stres, tentu saja pijat prenatal dapat memberikan banyak manfaat bagi Anda, salah satunya meredakan sakit punggung. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: kehamilan,   ibu hamil,   pijat,   pijat prenatal








Cover Maret 2020