Home - Kehamilan & Persalinan - Kehamilan / 2 November 2018 / Redaksi

5 Cara Menyenangkan untuk Sehat saat Hamil

Mencoba menjadi sempurna saat hamil bisa terasa berat. Selagi Anda sibuk dengan pola makan sehat, berolahraga, dan memancarkan aura ibu hamil, terkadang malah tidak ada waktu untuk sekadar menikmati kehamilan dan bisa jadi Anda pun mungkin akan dilanda kebosanan. Tapi jangan khawatir, ada sejumlah cara menyenangkan penuh kejutan untuk meningkatkan kesehatan Anda selama masa kehamilan. Berikut ini beberapa ide sederhana yang bisa Anda coba, Moms.

 

Makan Burger

Kami tidak menyarankan Anda ke gerai makanan siap saji setiap malam, tapi mengonsumsi daging merah saat kehamilan sangat penting untuk janin. “Konsumsi daging memberikan zat besi pada tubuh yang sangat penting untuk suplai darah Anda yang sedang berkembang. Zat besi tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh,” kata Lovissa Nilson, ahli gizi di aplikasi kesehatan dan kebugaran, Lifesum. “Zat besi membantu pembentukan haemoglobin pada sel darah, yang berperan dalam membawa oksigen melalui darah ke plasenta dan bayi.”



Yang perlu Anda perhatikan, cari daging dengan kualitas terbaik, karena daging yang diproses dengan harga murah mengandung lemak dan kandungan sodium tinggi. Dan jangan lupa topping! Keju keras, terpasteurisasi seperti cheddar merupakan tambahan kalsium. Sedangkan alpukat mengandung folat tinggi yang baik untuk perkembangan janin.

 

Makan Cokelat

“Ada manfaat kesehatan yang penting dari memakan beberapa potong cokelat setiap hari sebagai bagian diet seimbang kala hamil,” kata Lovissa. Cokelat tidak hanya meredakan stres, tapi juga menurunkan risiko kondisi preeklampsia yang bisa menyebabkan komplikasi kesehatan serius, termasuk kesulitan pembekuan darah dan kelahiran prematur. Menurut laporan yang dipublikasi New Scientist, zat kimia feniletilamin yang ditemukan dalam cokelat, yang membuat otak melepaskan endorfin, diturunkan dari ibu ke bayi sehingga membuat bayi lebih ceria dan aktif. Pilih dark chocolate dengan kandungan kakao 70 persen. Ini akan memberikan manfaat bioflavonoid dan antioksidan yang memicu sistem imun.

 



Hangout

Sesekali pergilah ke kafe untuk bertemu dengan teman-teman Anda, karena kehamilan bisa membuat Anda merasa kesepian. Menurut penelitian, 1 dari 3 wanita dapat merasa resah atau murung. Jadi, sesuatu yang dapat membuat Anda merasa menjadi diri sendiri itu penting. “Seiring perut Anda yang bertambah besar, bisa timbul perasaan bahwa perut itu membatasi Anda dan lingkungan sekitar,” kata psikolog dr. Emma Svanberg. “Anda mungkin menyadari ada teman-teman yang menjauh, tapi Anda tidak bisa meminta teman-teman yang tidak hamil untuk mengubah hidupnya karena hidup Anda sudah berubah.” Cobalah untuk tetap ikut hangout, walaupun pada akhirnya Anda pulang duluan.

 

Mengangkat Kaki

Menurut dr. Susan Turner, dokter umum dan ibu dari 6 anak, bersantai sambil mengangkat kaki di sofa selain membantu Anda beristirahat, juga mengurangi risiko pembengkakan pergelangan kaki. “Beristirahat setidaknya selama 1 jam dengan posisi kaki lebih tinggi daripada dada sangat membantu mengurangi risiko berkumpulnya air di bagian bawah tubuh Anda,” jelasnya. Saat anak Anda lebih dari satu, akan semakin sulit untuk beristirahat, sehingga hal ini seharusnya dapat lebih sering dilakukan ketika Anda mengalami kehamilan pertama.

 

Berhubungan Seks

Hal ini lebih menyenangkan daripada menyeret diri ke gym. Percayalah, bercinta dapat membuat kehamilan Anda menjadi sehat, membakar kalori, memicu sistem imun, bahkan menurunkan tekanan darah. Sebuah studi di Denmark menemukan bahwa sering bercinta dapat menurunkan risiko preeklampsia, karena kandungan protein HLA-G dalam sperma mengatur sistem imun pada tubuh. (M&B/SW/Dok. Freepik)

 

 


RELATED ARTICLE

Obat-Obatan yang Aman Dikonsumsi Ibu Hamil

Tips Mempersiapkan Diri Menghadapi Persalinan

Menjaga Postur Tubuh yang Baik Selama Kehamilan

OTHER ARTICLES

Trik Cerdas Memilih Aksesori Rambut untuk Anak

Cara Mudah dan Murah Belanja Produk Kesehatan

Kenali Polyhidramnios, Penumpukan Air Ketuban

5 Tips Melakukan Olahraga di Bulan Puasa

Trik Memilih Nama untuk Bayi Anda