Mother&Baby Indonesia
Tips Buat Anak Menghadapi Musim Pancaroba

Tips Buat Anak Menghadapi Musim Pancaroba

Moms, mungkin Anda juga merasakan bahwa saat ini, ketika siang cuaca terasa sangat panas, namun menjelang sore atau malam hari, cuaca akan berubah menjadi mendung gelap dan bahkan tak jarang turun hujan deras. Ini bisa jadi merupakan tanda-tanda peralihan musim dari musim kemarau menjadi musim penghujan, atau yang biasa kita kenal dengan musim pancaroba.

Menghadapi musim pancaroba tidaklah mudah. Perubahan cuaca dan temperatur yang sering terjadi membuat imunitas tubuh Si Kecil berkurang. Alhasil, penyakit pun akan banyak berdatangan menghampiri Si Kecil. Untuk itu, ada baiknya jika kita menangkal dan mencegahnya dengan beberapa cara berikut ini.




1. Jaga Pola Makan

Beri Si Kecil makanan yang bergizi dan sesuai dengan kecukupan tubuhnya untuk daya tahan tubuh yang lebih baik.


2. Istirahat itu Penting

Jika Si Kecil kurang tidur, daya tahan tubuhnya akan menurun. Istirahat yang cukup sangat diperlukan untuk menghadapi musim pancaroba. Tidur sekitar 8-10 jam sehari akan membantu mempertahankan daya tahan tubuhnya.


3. Berolahraga

Aktivitas ini menjadi hal yang kerap kita lupakan, padahal olahraga sangat penting untuk menjaga tubuh agar tetap fit. Ajak Si Kecil berolahraga ringan di rumah minimal 2-3 kali dalam seminggu selama 30 menit.




4. Perbanyak Minum Air Putih

Air putih memiliki banyak manfaat. Pastikan Si Kecil meminumnya dengan cukup agar ia terhidrasi dengan baik, Moms.


5. Tambahkan Suplemen atau Vitamin

Beri Si Kecil suplemen atau vitamin sesuai dengan kebutuhannya jika dirasa ia butuh asupan tambahan. Jangan lupa untuk tetap memerhatikan dosisnya ya, Moms!


6. Hindari Stres

Stres adalah salah satu faktor yang dapat memengaruhi kondisi tubuh. Si Kecil juga bisa terkena stres lho, Moms. Jangan sampai menjadi negatif stres yang dapat berpengaruh pada tubuh dan kesehatannya.


Selamat menghadapi musim pancaroba dan jaga agar tubuh Si Kecil tetap sehat dan bugar ya, Moms. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: anak,   balita,   musim pancaroba