Home - Balita - Perawatan Balita / 4 November 2018 / Redaksi

4 Langkah Mengatasi Anak yang Keseleo

Karena terlalu bersemangat bergerak tanpa perhitungan, Si Kecil kerap mengalami keseleo atau cedera otot. Ada 3 tingkat keparahan dari cedera ini, yaitu cedera otot ringan, sedang, dan parah atau berat. Jika cederanya tergolong ringan atau sedang, Anda dapat melakukan metode RICE (Rest, Ice, Compress, Elevation) sesegera mungkin sebagai penanganan awal.

1. Rest (Istirahat)

Istirahatkan bagian tubuh yang keseleo untuk melindungi area yang cedera. Jika masih terasa sakit, gunakan penopang, seperti bantal.

2. Ice (Es)

Bungkus es batu atau ice pack dengan handuk kecil dan letakkan di bagian tubuh yang keseleo (jangan membuat kontak langsung ke kulit). Secara perlahan, gerakkan bungkusan es maju mundur selama 10-20 menit, 3 kali sehari pada 24 jam pertama.

3. Compress (Tekanan)

Balut bagian tubuh yang keseleo menggunakan perban elastis. Hindari membalut terlalu kencang supaya tidak menghambat sirkulasi darah, namun pastikan ikatan perban cukup kuat agar tidak terlepas.

4. Elevation (Elevasi)

Topang bagian tubuh Si Kecil yang keseleo dengan bantal atau kursi agar posisinya lebih tinggi dari jantung. Ini dilakukan untuk mengurangi pembengkakan pada area yang cedera.


Moms bisa mengoleskan gel atau krim untuk cedera otot, ke bagian yang mengalami keseleo. Gel atau krim biasanya membantu meredakan rasa nyeri dan melancarkan sirkulasi darah.Namun, Moms hanya bisa mengoles saja. Anda boleh memijat bagian tubuh yang keseleo, selama keseleo yang dialami masih tergolong ringan. Tindakan memijat hanya boleh dilakukan oleh ahli. Pada cedera otot ringan, bagian tubuh tersebut masih bisa digerakkan dan nyeri yang dirasakan hanya sebentar.


Jika Si Kecil mengalami cedera otot sedang (terjadi pembengkakan hingga bagian kulit berwarna biru, namun otot masih bisa digerakkan), setelah melakukan RICE, segera bawa ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan intensif dan fisioterapi.


Apabila setelah keseleo Si Kecil mengalami demam, berikan obat pereda panas dan konsultasikan ke dokter untuk mencegah adanya infeksi di bagian dalam. Semoga bermanfaat dan membantu Moms merawat Si Kecil. (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)

share to BBM


RELATED ARTICLE

7 Makanan Ini Bisa Buat Rambut Anak Lebat dan Sehat

Kenali Ensefalitis pada Anak dan Cara Mengatasinya

Kenali Penyebab dan Pencegahan Cacar Air pada Anak



OTHER ARTICLES

Trik Ajak Anak Menonton Film di Bioskop

5 Karakter Tidur Bayi Baru yang Mesti Anda Pahami

Bahaya Risiko Obesitas Karena Kurang Tidur pada Anak

Hati-Hati, Pepes bisa Kurangi Gizi pada Ikan!

Mengenal dan Mengatasi Penyakit Kuning pada Bayi