Mother&Baby Indonesia
5 Hal Agar Moms Lancar Menyusui Pasca Melahirkan

5 Hal Agar Moms Lancar Menyusui Pasca Melahirkan

 

Saat Si Kecil sudah lahir, kebutuhan Moms untuk mendukung proses menyusui sangatlah penting, karena ASI merupakan satu-satunya asupan nutrisi untuk bayi yang baru lahir. Kebutuhan tersebut tidak hanya berupa barang seperti bra yang nyaman untuk menjaga payudara atau pompa ASI yang berfungsi untuk membantu mengosongkan payudara Anda.

 



Namun, kebutuhan tersebut belum cukup. Masih ada hal lain yang perlu Moms perhatikan agar produksi ASI tetap lancar dan Si Kecil pun dapat selalu menyusu untuk memenuhi asupan nutrisi satu-satunya yang ia dapatkan sampai usia 6 bulan ini. berikut ini 5 hal yang sebaiknya Moms perhatikan agar bisa lancar menyusui setelah melahirkan Si Kecil:

1. Kelancaran ASI akan sangat bergantung pada suasana hati dan pikiran. Usahakan pikiran selalu tenang dan hati bahagia. Lakukan hal-hal yang membuat Moms senang, seperti menonton acara televisi favorit, mengonsumsi camilan kesukaan, dan lain-lain. Hilangkan rasa khawatir dan nikmati momen bonding dengan buah hati saat menyusui.

2. Untuk meningkatkan produksi ASI, hal utama yang perlu diingat adalah paham supply dan demand. Semakin sering menyusui atau memompa, semakin banyak produksi ASI. Usahakan untuk menyusui sesering mungkin. Bila tidak bersama bayi, pompa ASI setiap 2 jam sekali untuk menjaga produksi agar suplai ASI tetap terjaga dengan baik dan lancar.



3. Bekali diri dengan semua info menyusui agar Moms tidak stres dan suplai ASI tidak terhambat. Moms bisa mengikuti workshop ASI, mencari pendamping melahirkan, bidan, dan kelompok dukungan yang membantu agar suplai ASI lancar.

4. Konsumsi banyak cairan selama menyusui. Untuk suplemen tambahan, pilih bahan alami seperti kacang-kacangan, daun katuk, klabet, maupun daun torbangun atau daun bangun-bangun. Daun torbangun ini cukup dikenal oleh orang Batak, tetapi Moms bisa juga mendapatkannya di luar Sumatera Utara.

5. Sering-sering mengompres payudara dengan air hangat agar lebih relaks. Selain itu, pijat oksitosin juga dapat dilakukan agar produksi ASI menjadi lebih lancar dan meningkat. (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: ibu baru,   menyusui,   asi








Cover Maret 2020