Home - Kehamilan & Persalinan - Panduan Ibu Baru / 5 November 2018 / Redaksi

Trik Menyusui di Tempat Umum

Moms, sebagai seorang ibu yang memiliki bayi, menyusui Si Kecil tentunya merupakan suatu prioritas bagi Anda. Meskipun begitu, aktivitas menyusui tidak selalu mengharuskan Anda untuk tinggal di rumah seharian dan menghindar untuk pergi ke tempat umum. Ibu menyusui juga tetap bisa beraktivitas seperti ibu-ibu lainnya dan menyusui di tempat umum.

 

Tetapi yang mungkin kita ketahui, tidak semua tempat umum merupakan atau menyediakan area yang nyaman untuk ibu menyusui. Anda juga mungkin tidak merasa nyaman menyusui Si Kecil di tempat umum. Lalu bagaimana caranya agar Moms tetap merasa nyaman menyusui di tempat umum? Berikut ini beberapa saran dari Mother&Baby Indonesia yang bisa Anda coba, Moms.

 

Berpikir Positif

Tanamkan pada diri Anda bahwa proses menyusui sangat penting untuk Si Kecil. ASI adalah makanan untuknya dan ia berhak untuk mendapatkannya kapan pun Si Kecil membutuhkan ASI. Moms juga mesti paham bahwa menyusui adalah hak Anda. Menyusui di tempat umum juga bukan sesuatu yang ilegal. Selain itu, secara tidak langsung Anda juga berusaha mengedukasi dan menunjukkan pada orang-orang mengenai pentingnya pemberian ASI untuk bayi.

 

Cari Tempat Nyaman

Ada dua hal yang sebaiknya diperhatikan saat Anda mencari tempat ideal untuk menyusui buah hati, yaitu tempat di mana Anda bisa duduk dengan nyaman dan menopang punggung Anda, dan tempat yang agak tertutup.
Saat di mal, Anda mungkin bisa menyusui di ruang menyusui yang sudah disediakan oleh pihak mal. Atau jika Anda sedang berada di restoran atau di kafe, pilih spot yang agak tersembunyi yang tidak banyak dilalui oleh orang yang hilir mudik. Namun jika tidak ada, Moms bisa pilih tempat yang nyaman untuk Anda dan Si Kecil. Duduklah dengan santai di tempat yang paling tenang. Gunakan perlengkapan menyusui, seperti nursing cover atau selendang untuk memberi privasi. Anda juga bisa latihan dulu di rumah untuk membiasakan diri menyusui dengan penutup ekstra agar tak kikuk saat nanti harus menyusui Si Kecil di tempat umum.

 

Ciptakan Privasi Sendiri

Sangat mungkin jika ada orang lain yang melihat atau memperhatikan Anda saat Anda menyusui Si Kecil di tempat umum. Tapi tidak perlu cemas, Moms. Jika Anda sendirian, tersenyumlah saat orang lain memandang Anda dengan heran. Jika Anda bersama suami atau teman, bersikaplah biasa saat menyusui. Orang lain juga mungkin bahkan tidak akan menyadari kegiatan yang sedang Anda lakukan tersebut.

 

Gunakan Baju atau Bra Khusus

Dengan mengenakan baju atau bra khusus, Anda tidak akan merasa direpotkan untuk membuka semua baju saat ingin menyusui Si Kecil. Kebanyakan ibu juga memilih memakai sport bra dibandingkan bra jenis lainnya karena lebih simpel dan nyaman untuk proses menyusui. Moms pun bisa berlatih di rumah sebelumnya agar mudah dan terbiasa membuka serta menutup bra menggunakan satu tangan saat hendak atau selesai menyusui. Saat ini juga sudah banyak tersedia baju khusus menyusui dengan berbagai model dan jenis yang fashionable, sehingga Anda tetap bisa tampil gaya dengan baju menyusui.

 

Penuhi Kebutuhan ASI Si Kecil

Sebelum Anda pergi keluar rumah, ada baiknya Moms penuhi dulu kebutuhan ASI Si Kecil di rumah, sehingga saat Anda berdua berada di tempat umum, Si Kecil tidak terlalu rewel dan terlalu lama menyusui di tempat umum.

Selamat menyusui, Moms! (M&B/SW/Dok. Freepik)

share to BBM


RELATED ARTICLE

10 Hal untuk Mengatasi Kehabisan Energi Jadi Ibu Baru

Bolehkah Menyusui Bayi saat Sedang Sakit?

Tips Memilih Botol untuk Buah Hati



OTHER ARTICLES

Trik Ajak Anak Menonton Film di Bioskop

5 Karakter Tidur Bayi Baru yang Mesti Anda Pahami

Bahaya Risiko Obesitas Karena Kurang Tidur pada Anak

Hati-Hati, Pepes bisa Kurangi Gizi pada Ikan!

Mengenal dan Mengatasi Penyakit Kuning pada Bayi