Home - Kehamilan & Persalinan - Panduan Ibu Baru / 3 November 2018 / Redaksi

10 Hal untuk Mengatasi Kehabisan Energi Jadi Ibu Baru

Kelelahan karena mengurus bayi, kurang tidur, dan kondisi fisik yang belum pulih setelah melahirkan selalu mengganggu ibu baru. Berikut ini 10 hal yang bisa membantu meningkatkan level energi Anda, para ibu baru.

 

1. Cukup Minum

Selama masa ini, hidrasi adalah hal yang sangat penting. Minumlah air putih, jus, atau susu setiap 1-2 jam. Jika Anda menyusui, air juga akan membantu tubuh Anda memproduksi ASI untuk Si Kecil.

 



2. Makanan Bergizi

Menyusui menghabiskan banyak energi. Karenanya, sebagai ibu baru yang juga menyusui, Anda membutuhkan menu makanan yang bergizi. Bukan hanya menu makanan utama (pagi, siang, dan malam), tapi juga camilan sehat. Jangan khawatir mengenai kalori. Sekarang waktunya bagi Anda bersantai dan menikmati makanan, karena menyusui menghabiskan banyak kalori (Anda butuh 500 kalori tambahan setiap hari!). Upayakan agar tak satu pun jam makan yang Anda lewatkan, karena akan membuat Anda moody dan lebih cepat lelah.

 

3. Lingkungan Bebas Stres

Ibu baru biasanya akan merasakan puncak stres pasca persalinan karena kelelahan dan kurang tidur. Mintalah bantuan orang lain untuk menjaga bayi sementara Anda tidur beberapa jam. “Minta juga bantuan asisten rumah tangga atau anggota keluarga lain untuk membersihkan dan merapikan rumah,” ujar Cheryl Lovelady, Ph.D., R.D., profesor nutrisi dari University of North Carolina, AS. “Dua minggu pertama merupakan waktu kritis untuk produksi ASI. Karenanya, gunakan waktu Anda untuk konsentrasi menyusui dan tidur selama Anda bisa,” tambahnya.

 

4. Camilan Sehat

Pilihlah camilan yang sehat, seperti kacang-kacangan, buah, dan sayuran, daripada jenis camilan lain yang mengandung tinggi lemak, yang justru akan bisa mengganggu pencernaan Anda. Jenis camilan sehat ini juga berguna untuk membantu membersihkan usus Anda.

 

5. Me Time

Walaupun tak memiliki waktu untuk menjalani perawatan kecantikan di salon, Anda bisa memanggil jasa 'tukang lulur' langganan ke rumah. Ingatlah untuk selalu memiliki me time. Mintalah pengasuh untuk menjaga Si Kecil sementara Anda menonton serial televisi favorit atau makan makanan favorit Anda.

Secara bertahap, Anda akan kembali memiliki me time dan bisa berkumpul bersama teman-teman, ketika Si Kecil sudah mulai besar dan bisa ditinggal atau dititipkan kepada orang yang Anda percaya. Dalam waktu 2-3 bulan, Anda pun bisa mengajak Si Kecil liburan bersama suami ketika luka persalinan Anda sudah membaik dan tenaga kembali normal.

 



6. Olahraga Ringan

Idealnya, 6-7 minggu pasca persalinan, Anda sudah bisa berolahraga ringan. Cobalah berkonsultasi dengan dokter kandungan mengenai pilihan olahraga Anda. Secara bertahap, tingkatkan aktivitas Anda dari berjalan kaki hingga melakukan olahraga pembentukan. Tambahkan yoga untuk ketahanan tubuh dan membentuk otot Anda.

 

7. Berjemur

Matahari pagi bisa menyegarkan Anda. Berjemurlah di pagi hari bersama Si Kecil. Sinar matahari pagi akan me-reset jam biologis Anda dan membantu menghilangkan lelah. Sinar matahari yang baik adalah pada pukul 06.00-08.00.

 

8. Tidur Malam Cukup

Kelelahan yang Anda alami bukan hanya karena kuantitas tidur yang kurang, tetapi juga sedikitnya kualitas tidur yang tak baik. Anda pasti tidak bisa tidur sepanjang malam tanpa gangguan. Mintalah bantuan pasangan untuk menjaga Si Kecil dengan menyiapkan ASI perah.

 

9. Power Nap

Tidur siang selama 20 menit mungkin tidak bisa 'membalas' kekurangan tidur Anda di malam hari, namun power nap ini bisa membantu menyegarkan otak Anda. Tidur siang juga berguna untuk mengisitirahatkan mata dan tubuh sementara.

 

10. Nyamankan Diri

Segarkan dan nyamankan diri Anda dengan mandi menggunakan shower gel yang memiliki aroma apa pun yang Anda suka. Hal ini akan membantu tubuh Anda kembali segar dan mood kembali baik. (M&B/SW/Dok. Freepik)

 

 


RELATED ARTICLE

Ini Keterampilan Baru yang Anda Miliki Setelah Jadi Ibu

Moms, Ini Perubahan Positif pada Tubuh Usai Melahirkan

Milestones Menyusui Anak yang Perlu Moms Tahu

OTHER ARTICLES

Manfaat Pelukan untuk Anak & 5 Gaya Pelukan Seru!

8 Rahasia Hidup Bahagia yang Perlu Anda Terapkan

Moms, Ini Manfaat Mengajak Anak Bermain di Luar

Hal-Hal Memalukan yang Dialami saat Anda sedang Hamil

Hati-Hati! Orang Dewasa Juga Bisa Kena Cacar Air, Lho