Mother&Baby Indonesia
9 Makanan Ini Bisa Membuat Anda Jadi SuperMom!

9 Makanan Ini Bisa Membuat Anda Jadi SuperMom!

Moms, merasa nafsu makan Anda belakangan ini menurun? Mungkin bisa jadi karena Anda terlalu sibuk dan lelah mengasuh Si Kecil. Sebagai ibu baru yang masih menyusui, Anda harus mendapatkan makanan yang tidak hanya enak, tetapi juga bergizi. Makanan yang sehat dan tepat bisa meningkatkan energi dan memperbaiki suasana hati Anda. Berikut ini deretan makanan-makanan yang baik Anda konsumsi supaya Anda bisa menjadi SuperMom!

1. Susu dan Turunannya

Ketika menyusui, bayi Anda akan banyak menyerap kalsium dari tubuh Anda. Maka ada baiknya jika Anda mengonsumsi banyak kalsium untuk memenuhi kebutuhan Anda sendiri. Tidak harus melulu susu, tapi Anda juga bisa mengonsumsi produk turunannya seperti yoghurt dan keju, karena mengandung kalsium juga kaya akan vitamin B dan protein.

2. Ikan Salmon

Salmon terbukti memiliki nutrisi yang sangat baik untuk memberikan energi pada ibu baru. Salmon juga mengandung banyak DHA yang baik untuk perkembangan syaraf anak Anda. Sebenarnya ASI juga sudah mengandung DHA, Moms, tetapi jika Anda mengonsumi salmon, maka DHA dalam ASI akan lebih banyak. Tetapi perlu juga diingat, jangan mengonsumsi salmon berlebihan ya, Moms. Karena USA Food dan Drugs Administratiion (FDA) merekomendasikan supaya wanita menyusui membatasi konsumsi salmon untuk mencegah terlalu banyak merkuri masuk ke tubuh bayi. Walaupun sebenarnya kandungan merkuri di dalam salmon sangat sedikit dibandingkan ikan lainnya seperti makarel.



3. Daging

Tingkatkan energi Anda dengan mengonsumsi banyak makanan yang mengandung zat besi. Kekurangan zat besi bisa membuat Anda kehabisan energi, Moms. Jika Anda menyusui, Anda juga membutuhkan ekstra protein dan vitamin B. Daging adalah sumber dari semua zat tersebut.

4. Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan adalah makanan yang kaya akan kandungan zat besi terutama untuk kacang-kacangan yang berwarna gelap seperti kacang hitam. Terlebih lagi jika Anda adalah seorang vegetarian, konsumsilah kacang-kacangan karena makanan ini kaya akan protein non-hewani.

5. Blueberry dan Jeruk

Sisipkan blueberry dalam daftar buah Anda, Moms. Karena blueberry menyediakan karbohidrat yang cukup, sehingga Anda bisa terus berenergi. Sedangkan jeruk akan memberikan Anda vitamin C yang sangat dibutuhkan ibu menyusui. Anda bisa mengonsumsi jeruk utuh atau yang sudah diolah menjadi jus segar.



6. Telur

Telur sangat baik untuk memenuhi kebutuhan protein Anda. Selain itu, pengolahannya pun cukup mudah. Hanya perlu digoreng atau direbus, telur pun sudah bisa dinikmati. Pilihlah telur yang diperkaya dengan DHA, sehingga dapat meningkatkan asam lemak esensial di dalam ASI Anda.

7. Roti Gandum

Masih ingat betapa pentingnya asam folat ketika Anda hamil? Ternyata, Anda terus membutuhkan asam folat sampai setelah melahirkan. Roti gandum tak hanya memberikan asupan asam folat yang dibutuhkan tubuh Anda, tapi juga memberikan serat dan zat besi.

8. Sayuran Hijau

Sayuran hijau, seperti bayam dan brokoli diperkaya dengan vitamin A yang baik untuk Anda dan bayi Anda. Sayuran hijau juga mengandung antioksidan dan rendah kalori.

9. Air

Ibu menyusui sangat rentan terkena dehidrasi. Untuk itu stamina dan produksi ASI harus dipertahankan Moms, pastikan juga Anda cukup mengonsumsi cairan. Anda tidak harus terus minum air putih, variasikan dengan mengonsumsi jus dan susu. Tapi hati-hati dengan kopi dan teh, karena keduanya mengandung kafein yang bisa membuat anak ASI sulit tidur. (M&B/Mondials Anindhita/SW/Dok. Freepik.com)



Tags: ibu baru,   makanan sehat,   nutrisi,   energy booster