Mother&Baby Indonesia
Trik agar Anggaran Liburan Keluarga Tidak Membengkak

Trik agar Anggaran Liburan Keluarga Tidak Membengkak

Moms, mendekati akhir tahun, apakah Anda dan keluarga sudah merencanakan untuk pergi berlibur bersama keluarga? Kalau iya, sudahkah Anda dan pasangan mempersiapkan anggarannya?


Menurut Prita Hapsari Ghozie, financial planner, saat liburan, kebanyakan orang menghabiskan 110-150 persen dana dari total anggaran yang dibuat. Itu artinya pengeluaran selama berlibur jadi membengkak dan melebihi anggaran yang Anda dan suami perkirakan. Tentunya hal ini akan membebani keuangan Anda pasca berlibur. Bukannya fresh, bisa jadi Anda dan suami malahan semakin pusing setelah liburan. Nah, agar kejadian seperti itu tidak terjadi, Moms bisa ikuti trik berikut ini.




Perencanaan

Perhitungkan berapa kali Anda ingin berlibur dalam setahun dan tentukan tujuannya. Sisihkan dana liburan tersebut secara rutin, jika perlu Moms dan suami bisa membuat tabungan khusus untuk anggaran liburan keluarga. Liburan secara spontan biasanya akan menghabiskan dana lebih besar dibandingkan dengan liburan yang terencana.


Transportasi dan Akomodasi

Biaya transportasi dan akomodasi merupakan komponen terbesar dalam anggaran liburan. Sebelum menyusunnya, tentukan tujuan, waktu keberangkatan, dan lama perjalanan. Pastikan tujuan yang Anda pilih sesuai dengan keinginan dan budget Anda, Moms.


Informasi

Jangan ragu untuk menggali informasi sebanyak-banyaknya mengenai tempat tujuan liburan Anda. Pelajari dan pilihlah moda transportasi yang biayanya ramah untuk kantung Anda. Untuk penginapan, Anda bisa memilih guest house dibandingkan hotel. Namun tetap perhatikan kenyamanan buat Si Kecil juga ya, Moms.




Internet dan Aplikasi

Untuk mendapatkan harga tiket dan akomodasi yang murah dan terjangkau kantung, Moms harus rajin mengecek internet. Siapa tahu Anda beruntung mendapatkan program diskon dan promosi menarik lainnya.

Saat ini juga telah tersedia banyak aplikasi yang bisa memberikan solusi buat kebutuhan wisata Anda dan keluarga, mulai dari tiket pesawat, kereta api, atau bus; hotel dan penginapan; penyewaan mobil; hingga kuliner. Anda bisa cari informasinya dan membuat perbandingan biaya transportasi, tarif hotel atau penginapan yang satu dengan yang lain, jadi Anda sudah langsung bisa memperkirakan biaya yang diperlukan untuk penginapan selama berlibur.


Makanan

Biaya membeli makan bisa melebihi anggaran Anda jika tidak dilakukan dengan cermat. Untuk itu, saat memilih restoran atau tempat makan, pastikan harga makanan tertera dengan jelas di setiap menu yang disediakan. Jika tidak, Anda bisa menanyakan harganya terlebih dahulu agar tidak 'ditembak' saat harus membayarnya kemudian.


Selamat liburan menyenangkan dengan keluarga Anda, Moms. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: keluarga,   liburan keluarga,   anggaran liburan








Cover Maret 2020