Mother&Baby Indonesia
Moms, Ini Manfaat Kacang Hijau untuk Anda dan Keluarga

Moms, Ini Manfaat Kacang Hijau untuk Anda dan Keluarga

Moms, pernah mengajak Si Kecil dan keluarga Anda sarapan dengan bubur kacang hijau? Harganya yang relatif murah dan dapat diolah menjadi berbagai macam makanan atau minuman membuat banyak yang gemar mengonsumsi kacang hijau. Ternyata, ada banyak manfaat yang dikandung oleh kacang hijau yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.


Kacang hijau sering dipuji oleh para pakar kesehatan sebagai salah satu sumber makanan kaya gizi. Kacang berukuran kecil ini mengandung protein, lemak, dan serat. Sekitar 73 persen lemak yang terkandung di dalamnya adalah asam lemak tak jenuh, dan sisanya merupakan asam lemak jenuh.




Kandungan kacang hijau kaya akan vitamin serta mineral. Di antaranya vitamin B1, B6, folat, besi, kalsium, fosfor, magnesium, potasium, dan zinc. Semua zat gizi ini penting dan dibutuhkan manusia, terutama untuk ibu selama masa kehamilan.


Thiamine atau vitamin B1 misalnya, menjadi nutrisi penting untuk perkembangan otak janin. Sementara, folat berperan dalam produksi sel darah merah dan membantu pembentukan selubung saraf di otak dan tulang belakang janin.


Tak hanya itu, kacang hijau juga memberikan manfaat kesehatan untuk Moms dan Dads. Seperti mencegah penyakit berbahaya seperti kanker, diabetes, dan kolesterol tinggi, mengobati anemia, juga menjaga kesehatan jantung. 




Agar manfaat kacang hijau dapat dirasakan pada tubuh kita, maka konsumsilah kacang hijau dalam jumlah yang cukup. Dr. Marya W Haryono, MGizi, SpGK menjelaskan 100 g kacang hijau memenuhi kebutuhan energi rata-rata orang dewasa sekitar 20 persen.


Kebutuhan protein juga terpenuhi sekitar 6 persen, dengan memvariasikannya dengan bahan makanan lain. Kacang hijau dapat diolah menjadi berbagai makanan. Moms bisa membuat bubur kacang hijau, onde-onde, atau kue ku sebagai camilan berbahan kacang hijau.


Manfaat kacang hijau tak hanya dirasakan orang dewasa, tetapi juga pada anak-anak. Energi yang bisa dimiliki Si Kecil jika mengonsumsi kacang hijau membuat lebih aktif dalam beraktivitas. Kacang hijau bisa menjadi pelengkap yang dibutuhkan Si Kecil agar tumbuh kembangnya optimal.


Jadi, biasakan diri Anda dan keluarga konsumsi kacang hijau yuk, Moms! (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: nutrisi,   kacang hijau