Mother&Baby Indonesia
5 Makanan Sehat untuk Menjaga Gigi Putih Keluarga

5 Makanan Sehat untuk Menjaga Gigi Putih Keluarga

Memiliki pola hidup yang sehat berarti rajin berolahraga, mengonsumsi makanan sehat, juga istirahat yang cukup. Dan, ternyata mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi bukan hanya sekadar untuk menghindarkan dan mencegah tubuh Anda dan keluarga dari berbagai penyakit.

Makanan sehat ini nyatanya juga mampu menjaga gigi agar tetap putih secara alami. Jadi, Moms, Dads dan juga Si Kecil bisa tetap tersenyum cerah setiap hari. Apa saja jenis makanan sehat yang bisa menjadi pemutih gigi alami? Berikut ini daftarnya, Moms.:




Susu, Keju, Yoghurt

Biasanya, makanan dari olahan susu seperti keju, susu segar, dan yoghurt berguna untuk memenuhi kalsium dalam tubuh. Namun ternyata, makanan olahan susu juga dapat menguatkan gigi. Tak hanya itu, gigi juga akan tampak lebih putih dan bersinar.


Kacang-kacangan

Untuk mendapatkan protein nabati, kacang-kacangan menjadi pilihan terbaik. Sebab di dalamnya terkandung serat dan lemak sehat. Selain itu, sifat abrasif dari kacang seperti almond dapat melunturkan plak dan noda di permukaan gigi saat Anda mengunyahnya.


Apel



Menjadi salah satu buah favorit, apel nyatanya dapat membuat gigi lebih sehat. Kandungan asam malat yang sering digunakan pada pasta gigi terdapat dalam apel dengan kadar cukup tinggi. Ini dapat meningkatkan air liur Anda yang akan membersihkan gigi dari noda.

Selain itu, kandungan flourida pada apel juga menurunkan risiko kerusakan gigi dan penyakit gusi. Bahkan, kulit apel memiliki serat yang membantu menghilangkan bakteri pada mulut. Ternyata manfaat konsumsi apel untuk gigi sangat banyak ya, Moms!


Strawberry

Buah strawberry mengandung enzim yang disebut malic acid yang mampu menjadikan gigi lebih putih dan cerah secara alami. Cara mengaplikasikannya, Moms dapat menumbuk strawberry hingga halus, lalu oleskan pada gigi. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas dan sikat gigi seperti biasa.


Kembang Kol, Wortel, Seledri

Wortel, seledri, hingga kembang kol juga mampu memutihkan gigi. Jenis sayur ini mengandung nutrisi perangsang ludah, sehingga membantu mencegah penumpukan plak. Gigi pun tampak lebih bersih dan gusi juga menjadi lebih kuat. (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: nutrisi,   makanan sehat,   gigi








Cover Januari - Februari 2020