Mother&Baby Indonesia
6 Cara Sederhana Cegah Kanker Payudara

6 Cara Sederhana Cegah Kanker Payudara

Kanker payudara memang bisa menyerang siapa saja. Namun Moms tidak perlu khawatir, penyakit ini dapat Anda hindari dengan menjalani pola hidup sehat. Ada beberapa cara sederhana yang bisa Moms lakukan sehari-hari untuk mencegah kanker payudara. Berikut ini hal yang bisa Anda lakukan, Moms.


1. Olahraga Teratur

Olahraga merupakan cara paling efektif untuk menghindari kanker, termasuk kanker payudara. Penelitian menunjukkan bahwa sejalan dengan meningkatnya aktivitas fisik Anda, risiko kanker payudara akan berkurang. Berolahraga akan bermanfaat menurunkan kadar estrogen dalam tubuh yang menjadi zat pemicu kanker.




2. Kurangi Lemak Jenuh

Lemak jenuh dalam daging, mentega, atau makanan yang mengandung full cream dapat memicu kanker payudara lebih besar. Sebaliknya, mengonsumsi makanan yang mengandung lemak tidak jenuh akan membantu Anda dalam mencegah kanker payudara. Beberapa makanan yang mengandung lemak tidak jenuh misalnya adalah berbagai jenis ikan dan minyak zaitun.


3. Makan Lebih Banyak Serat

Makanan kaya serat seperti buah-buahan dan sayuran memiliki kandungan anti oksidan yang tinggi, di antaranya vitamin A, C, E, dan mineral selenium yang dapat mencegah kerusakan sel yang bisa menjadi penyebab terjadinya kanker. Konsumsilah buah dan sayuran setidaknya 5 kali sehari.




4. Konsumsi Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan banyak mengandung zat yang dapat mengurangi efek pemicu kanker payudara. Selain itu, makanan jenis ini juga mempercepat pengeluaran estrogen dari tubuh.


5. Hindari Rokok dan Alkohol

Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa semakin banyak mengonsumsi alkohol, risiko kanker payudara semakin bertambah, karena alkohol meningkatkan kadar estrogen dalam darah. Begitu pula dengan rokok yang sama sekali tidak ada manfaatnya untuk kesehatan tubuh Anda.


6. Berjemur di Bawah Matahari

Vitamin D yang berasal dari sinar matahari saat mengenai tubuh akan membantu jaringan payudara menyerap kalsium sehingga mengurangi risiko kanker. Anda bisa berjalan di bawah sinar matahari sekitar 20 menit sehari untuk merasakan manfaatnya. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: kesehatan,   gaya hidup sehat,   kanker payudara