Mother&Baby Indonesia
Ini 6 Manfaat Sehat Memberikan ASI bagi Moms

Ini 6 Manfaat Sehat Memberikan ASI bagi Moms

Pasca melahirkan, peran ibu pun berganti untuk menyusui Si Kecil. Berbagai manfaat seperti pemenuhan nutrisi untuk anak pun sudah banyak diketahui. Namun ternyata, memberikan ASI secara eksklusif pada bayi juga memberikan keuntungan bagi Moms, lho! Tak hanya memiliki tubuh yang sehat, tetapi memberikan ASI juga memengaruhi penampilan Anda. Apa sajakah manfaat sehatnya? Berikut Mother&Baby memberikan ulasan selengkapnya untuk Anda:


Menurunkan Risiko Kanker

Studi yang dilakukan American Academy of Pediatrics menyebutkan bahwa ibu yang menyusui anaknya lebih dari 1 tahun akan menurunkan risiko kanker payudara dan kanker ovarium sebesar 28 persen. Tidak hanya kanker, menyusui juga dapat mengurangi risiko diabetes.




Membuat Langsing

Saat Moms mulai menyusui, banyak kalori yang akan terbakar. Satu ons (setara dengan 30 ml) ASI mengandung sekitar 20 kalori. Kalau Moms menyusui 600 ml sehari, berarti aktivitas tersebut bisa membakar 400 kalori! Itu sebabnya memberikan ASI eksklusif, apalagi bila dilanjutkan hingga bayi berusia 2 tahun, akan membantu menurunkan berat badan Anda dengan lebih cepat. Moms pun jadi cepat langsing!


Tulang Lebih Kuat

Ruth A. Lawrence, MD, profesor pediatrik serta kebidanan dan kandungan di University of Rochester School of Medicine and Dentistry, Rochester, New York, AS, menyebutkan bahwa ibu menyusui memiliki risiko lebih rendah terhadap osteoporosis pasca-menopause. Menurutnya, hal ini dikarenakan ketika ibu menyusui, tubuhnya menyerap kalsium lebih efisien sehingga tulangnya menjadi lebih padat dibandingkan sebelum hamil.




Cepat Pulih

Oksitosin yang dilepaskan saat menyusui akan membantu rahim mengecil, sehingga mengurangi kehilangan darah pasca-bersalin. Dengan menyusui, rahim akan kembali ke ukuran normal secara lebih cepat, yaitu sekitar 6 minggu pasca-bersalin, dibandingkan dengan ibu yang tidak menyusui.


Sehat Emosi

Penelitian menunjukkan bahwa Moms yang menyusui sedikit sekali mengalami kecemasan dan depresi pasca-persalinan dibandingan dengan Moms yang tidak menyusui.


Bonding Lebih Kuat

Menyusui menjadi quality time antara Anda dan bayi. Selain bonding lebih kuat, Moms jadi lebih paham perilaku Si Kecil saat ia kenyang. (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: kesehatan,   asi