Mother&Baby Indonesia
Perhatikan Ini saat Olahraga untuk Ibu Baru Melahirkan

Perhatikan Ini saat Olahraga untuk Ibu Baru Melahirkan

Kami tahu, sebagai seorang ibu baru, Anda nyaris tak punya waktu untuk pergi ke gym buat latihan olahraga dan menjaga kebugaran tubuh. Namun sebenarnya, berolahraga sangat mungkin Anda lakukan di rumah saja, bahkan di kamar pun juga cukup. Hanya butuh waktu sekitar 15 menit sehari melakukan latihan olahraga agar Anda bisa menjaga tubuh tetap bugar.


Dr. Michael Triangto, Sp.OK, menjelaskan bahwa yang perlu diperhatikan adalah sebaiknya Anda mematok tujuan untuk berolahraga, bukan hanya agar tubuh menjadi kembali ke ukuran semula seperti saat sebelum hamil, tetapi agar Anda bisa meraih kembali kebugaran tubuh.




Bugar adalah kondisi tubuh yang sehat dan mampu melaksanakan kegiatan sehari-hari tanpa merasa lelah atau kewalahan. Untuk meraih kebugaran, menurut dr. Michael, diperlukan latihan. Moms yang baru melahirkan bisa melakukan latihan fisik secara bertahap. “Latihan fisik bisa segera dilakukan setelah melahirkan. Yang perlu diingat adalah setelah melahirkan, ibu mengalami perubahan fisik yang cukup signifikan sehingga latihan tidak bisa dilakukan langsung berat,” jelas dr. Michael.


Tubuh yang Berubah

Ada beberapa perubahan tubuh yang akan memengaruhi pola latihan fisik Anda, yaitu:

• Berat badan yang masih berlebih.

• Payudara yang menjadi lebih berat karena terisi pernuh oleh ASI.



• Jantung serta paru-paru yang melemah karena sejak trimester akhir kehamilan Anda juga sudah mengurangi aktivitas.

• Otot-otot tubuh yang melemah sehingga pinggang, punggung, lengan, dan kaki sering pegal dan sakit.


Bersama Si Kecil

Selain fisik, perubahan mental dan psikologis pun memengaruhi Anda. Sudah pasti perhatian Anda akan tercurah hanya pada newborn yang begitu menggemaskan dan lemah. “Ibu baru sering berpikir mereka tidak sempat berolahraga karena tidak tega meninggalkan anaknya di rumah. Padahal, semua itu bisa kok diatasi,” kata dr. Michael. Latihan fisik bersama Si Kecil adalah solusi yang ditawarkan oleh dr. Michael. Jadikan Si Kecil teman berlatih sekaligus 'barbel' Anda, Moms


Jadi, kini tidak ada lagi alasan untuk berolahraga kan, Moms? Selamat berolahraga bersama Si Kecil. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: ibu baru,   olahraga,   tubuh bugar








Cover Maret 2020