Mother&Baby Indonesia
Christian Sugiono: Hidup Lebih Berarti Sejak Ada Anak

Christian Sugiono: Hidup Lebih Berarti Sejak Ada Anak

Bertepatan dengan Hari Ayah di bulan November ini, Mother&Baby Indonesia menampilkan 8 sosok ayah berkarisma bersama Si Kecil yang menjadi kecintaan mereka. Salah satunya adalah Christian Sugiono (37), aktor, serta ayah dari Arjuna Zayan Sugiono (4) dan Kai Attar Sugiono (1), juga suami dari Titi Kamal.

 

Model yang juga aktor film, sinetron, dan Iklan ini mulai dikenal publik sejak 2005 setelah membintangi film Catatan Akhir Sekolah. Melalui aktingnya dalam Dunia Mereka, Christian Sugiono masuk nominasi aktor terpuji Festival Film Bandung. Minatnya di bidang teknologi internet dan digital telah menghasilkan start up seperti malesbanget.com dan setipe.com. Berikut ini wawancara Mother&Baby Indonesia dengan Christian Sugiono.



 

M&B: Apa arti kehadiran Si Kecil?

Christian: Seperti titik balik, saya merasa hidup saya lebih ada gunanya dan lebih ada faedahnya. Karena, seandainya terjadi sesuatu pada saya atau ibunya, si anak ini akan sedih banget. Jadi saya merasa keluarga ya seperti itu. Anak kecil yang kehilangan orang tuanya tidak bisa ke mana-mana. Jadi saya merasa jika terjadi sesuatu pada diri saya akan ada yang sedih sekali, yakni anak saya. Karena itu saya merasa hidup saya jadi lebih ada artinya.

 

M&B: Tantangan terbesar sebagai ayah?

Christian: Ketika mengajarkan anak mengenai sesuatu dan harus melalui contoh. Hal paling simpel, pagi hari saya susah banget bangun pagi. Jadi akhirnya anak pagi-pagi bangun tidur sendirian. Dan dia berangkat sekolah saya masih tidur. Saya pikir harusnya tidak seperti itu. Saya merasa ada yang salah. Tantangan saya, harus memberi contoh yang baik.

 

M&B: Bagaimana cara Anda meningkatkan bonding?

Christian: Paling utama adalah dengan mengalokasikan waktu sebanyak-banyaknya untuk anak. Mencoba masuk ke jalan pikiran dan dunia mereka. Tidak hanya hadir secara fisik tapi juga involve di kehidupan mereka.

 

M&B: Apa pola asuh orang tua yang Anda terapkan pada anak?



Christian: Orang tua saya membebaskan anaknya yang ingin belajar, explore. Ingin menjadi apa pun yang positif selalu di-support. Saya akan melakukan hal yang sama juga untuk Juna dan Kay. Saya akan melihat bakat dan minatnya dan akan support. Kalau anak dibebaskan menentukan keinginannya, akan belajar lebih bertanggung jawab. Asalkan tetap dikasih garis batas aturan. Saya rasa hal ini akan saya lakukan pada anak saya.

 

M&B: Sosok Anda sebagai ayah dalam 3 kata?

Christian: Teman, itu jelas sekali. Kedua, nggak mau kalah. Ketiga jalan-jalan.

 

M&B: Nilai kehidupan yang Anda tanamkan pada anak?

Christian: Dari kecil saya kenalkan ada jam dan konsep waktu. Anak harus mengerti tentang konsep waktu. Jadi mengerti semua ada batas waktunya. Seperti halnya dalam pekerjaan. Saya juga kasih tahu bahwa sepintar apa pun, kalau nggak punya teman akan sia-sia.

 

Anda juga bisa simak cerita inspiratif dari Christian Sugiono dan Charming Dads lainnya dalam rangka Hari Ayah di video Youtube Mother & Baby Indonesia berikut ini. Jangan lupa untuk klik like dan subscribe ya, Moms dan Dads.

(Binar Murgati P./DON/SW/Dok. M&B)



Tags: mother and baby indonesia,   hari ayah,   charming dads,   christian sugiono










Cover Mei-Juni-Juli 2020