Mother&Baby Indonesia
Tommy Siahaan: Anak Mengubah Hidup Jadi Lebih Positif

Tommy Siahaan: Anak Mengubah Hidup Jadi Lebih Positif

Bertepatan dengan Hari Ayah di bulan November ini, Mother&Baby Indonesia menampilkan 8 sosok ayah berkarisma bersama Si Kecil yang menjadi kecintaan mereka. Salah satunya adalah Tommy Siahaan (44), fotografer serta ayah dari Angie (15), Rene (3), dan Tesla (1), juga suami dari Alysia Capelle.

 

Jatuh cinta pada dunia fotografi sejak usia 12 tahun, Tommy Siahaan kini dikenal sebagai salah satu fotografer andal. Karier fotografer ia mulai lebih dari 10 tahun lalu dengan berguru pada Darwis Triadi. Karya fotonya yang bergaya dramatic, cinematic, dan grungy kini dapat dilihat di majalah, iklan, atau acara televisi. Ayah dari tiga orang anak ini juga kerap mengadakan pelatihan fotografi, menggeluti pembuatan film, dan menjadi brand ambassador sebuah kamera. Berikut ini wawancara Mother&Baby Indonesia dengan Tommy Siahaan.



 

M&B: Apa arti kehadiran Si Kecil?

Tommy: Kehadiran anak-anak adalah segalanya. Cara hidup menjadi lebih positif, termasuk sacrifice demi anak. Saya percaya pada old Indian philosophy, bahwa we don’t inherit what we own now from our ancestors, tapi actually we borrow it from our children. Artinya, kita memiliki tanggung jawab untuk menjaga bumi demi generasi ke depannya, demi anak-anak kita. Anak mengubah prioritas. Kebutuhan anak yang paling utama. Anak-anak saya menjadi stress-relief, source of happiness. Anak juga bisa mengingatkan kita untuk be happy for no reason.

 

M&B: Apa tantangan terbesar sebagai Ayah?

Tommy: Mungkin kita harus tetap bersabar walau terkadang sedang have a bad day atau bagaimana. Tapi hubungan kita dengan anak jangan terpengaruh. Juga, kalau awal-awal harus bangun tengah malam ketika anak masih bayi. Kurang tidur. Tidak boleh taking it out to children. Harus sabar. Harus bisa sacrifice things for our children.

 

M&B: Bagaimana cara Anda meningkatkan bonding?

Tommy: Kita harus understanding. Karena phase anak itu berbeda-beda. Saat mereka bayi, toddler, teenager, kita harus adaptasi. Selain itu juga harus mencoba to get in their shoes. Jadi, kita harus bisa hadir di sana, spend time with them. Suka dan duka. Akhirnya, kami bonding secara natural. Enggak ada barrier. Itu daily routine kami, yaitu komunikasi yang jujur dan natural.

 

M&B: Apa pola asuh orang tua yang Anda terapkan pada anak?



Tommy: Pola asuh orang tua yang saya terapkan adalah harus selalu jujur. Menjaga kebersamaan dengan keluarga, siblings, dan orang tua. Kami harus selalu makan malam bersama, bisa sharing. Di situlah kami membina kebersamaan dan bonding antar anggota keluarga. Juga keterbukaan dan kejujuran.

 

M&B: Sosok Anda sebagai ayah dalam 3 kata?

Tommy: Fun, karena parenting style saya itu fun. Fleksibel. Tegas. Bukan berarti keras, tapi tegas untuk mendidik ke jalan yang benar haha...

 

M&B: Apa nilai kehidupan yang Anda tanamkan pada anak?

Tommy: Always be happy. Be prepared karena pekerjaan menuntut saya untuk selalu prepare dengan segala tantangan. Be confident.

 

Anda juga bisa simak cerita inspiratif dari Tommy Siahaan dan Charming Dads lainnya dalam rangka Hari Ayah di video Youtube Mother & Baby Indonesia berikut ini. Jangan lupa untuk klik like dan subscribe ya, Moms dan Dads.

(Gabriella Agmassini/DON/SW/Dok. M&B)



Tags: mother and baby indonesia,   hari ayah,   charming dads,   tommy siahaan