Mother&Baby Indonesia
Phillip Jusuf: Anak Jadi Inspirasi buat Saya

Phillip Jusuf: Anak Jadi Inspirasi buat Saya

Bertepatan dengan Hari Ayah di bulan November ini, Mother&Baby Indonesia menampilkan 8 sosok ayah berkarisma bersama Si Kecil yang menjadi kecintaan mereka. Salah satunya adalah Phillip Jusuf (42), interior designer serta ayah dari Daniqua Lucci J.(12) dan Illyas Iman J. (3,5), juga suami dari Dian Andriani.

 

Tak hanya desainer interior dan produk, Phillip Jusuf juga pernah menggeluti dunia akting. Perannya sebagai Joe dalam film Brownies (2004) membuat nama Phillip dikenal sebagai aktor. Ia juga bermain dalam film Musik untuk Cinta (2017). Pria yang lahir di Berlin, Jerman, ini kini aktif sebagai desainer dalam program televisi The Project. Rumah tiga generasi yang ia huni bersama keluarga besarnya menjadi bukti kemampuan mendesainnya. Di sisi lain, pria penyuka bela diri ini tak mengabaikan perannya sebagai ayah. Ia sering mengajak keluarganya traveling. Berikut ini wawancara Mother&Baby Indonesia dengan Phillip Jusuf.



 

M&B: Apa arti kehadiran Si Kecil?

Phillip: Kedua anak saya adalah segalanya untuk saya pribadi. Karena, anak adalah harapan kita, masa depan ada di tangan mereka. Jadi, apa pun yang kita ajarkan kepada mereka, terutama hal baik, dapat membuat mereka membentuk dunia di masa depan. Illyas sendiri adalah anak yang lucu dan mampu mengejutkan saya dengan hal-hal yang out of the box. Hal-hal yang ia lakukan saat bermain Lego atau menggambar sesuatu menjadi salah satu inspirasi saya dalam mendesain. Si Kecil juga mengingatkan saya untuk keluar dari zona nyaman dan lebih berani menghadapi sesuatu yang menantang.

 

M&B: Apa tantangan terbesar sebagai ayah?

Phillip: Melakukan semua hal dengan baik. Saya merasa harus tahu apa yang baik dan tidak untuk anak-anak. Bagaimana memberikan semua yang kita punya untuk Si Kecil. Hal tersebut membuat saya mengetahui talenta apa yang dimiliki anak saya, sehingga bisa mendukung sepenuhnya. Dan yang terpenting adalah mengajarkan anak agar mandiri, sopan, dan ramah. Meskipun sulit, saya lakukan sebaik yang saya bisa.

 

M&B: Bagaimana Anda meningkatkan bonding?

Phillip: Anak saya suka main Lego atau Play-Doh. Pulang bekerja, saya akan menyempatkan waktu untuk main bersama mereka. Meskipun suka lupa makan, namun mendengar mereka bercerita membuat keluarga saya lebih supportive. Walaupun sangat sibuk, saya pasti akan berikan waktu untuk berinteraksi dengan Si Kecil.

 



M&B: Apa pola asuh orang tua yang Anda terapkan pada anak?

Phillip: Saat saya masih kecil, saya harus melakukan banyak hal seorang diri. Lahir di Berlin, tidak ada pengasuh yang membantu. Saya dituntut bisa melakukan semua sendiri. Orang tua juga mengajarkan untuk murah hati saat orang lain membutuhkan bantuan. Jadi, saya membimbing anak saya untuk menjadi orang yang penolong atau gentleman.

 

M&B: Sosok Anda sebagai ayah dalam 3 kata?

Phillip: Saya ‘badut’ dalam keluarga, karena memiliki banyak lelucon. Saya berusaha untuk menjadi seorang teman. Dan ketiga, saya adalah ayah yang penuh kasih sayang.

 

M&B: Apa nilai kehidupan yang Anda tanamkan pada anak?

Phillip: Kita hidup tidak lama di dunia, jadi saya menanamkan pentingnya waktu yang dimiliki. Saya tanamkan untuk tidak terlalu fokus pada karier diri sendiri, tetapi juga memerhatikan dan menunjukkan rasa sayang kepada orang tercinta seperti keluarga atau teman. Lakukan yang terbaik yang bisa kita lakukan.

Anda juga bisa simak cerita inspiratif dari Phillip Jusuf dan Charming Dads lainnya dalam rangka Hari Ayah di video Youtube Mother & Baby Indonesia berikut ini. Jangan lupa untuk klik like dan subscribe ya, Moms dan Dads.

(Vonia Lucky/DON/SW/Dok. M&B)



Tags: mother and baby indonesia,   hari ayah,   charming dads,   phillip jusuf








Cover Maret 2020