Mother&Baby Indonesia
Bolehkah Mandi Bersama Anak?

Bolehkah Mandi Bersama Anak?

Mandi adalah saat yang menyenangkan bagi Si Kecil. Tidak jarang orang tua pun ingin menghabiskan momen itu dengan mandi bersamanya. Bolehkah Mandi bersama anak? Bagaimana tanggapan para Moms dengan hal tersebut?


Para Moms yang setuju berpendapat bahwa mandi bersama anak merupakan saat yang menyenangkan, apalagi bagi ibu bekerja, momen ini bisa dimanfaatkan juga sebagai quality time bersama Si Kecil. Menurut mereka, selain meningkatkan kasih sayang dan membangun kedekatan antara orang tua dan balita, saat mandi bersama, orang tua juga bisa sekaligus mengajarinya cara mandi yang benar. Namun sebaiknya Si Kecil tetap menggunakan underwear saat mandi bersama tersebut. Selain itu, kegiatan mandi bersama juga bisa memudahkan orang tua untuk mengenalkan anatomi tubuh pada Si Kecil, sehingga ia bisa memahami perbedaan tubuh pria dan wanita, serta mengajarinya mengenali bagian-bagian tubuh pribadi mereka yang harus mereka jaga dan lindungi.




Sedangkan para Moms yang tidak setuju berpendapat bahwa aktivitas itu tidak terlalu mengajarkan kebersamaan dengan anak, apalagi jika berbeda jenis kelamin. Selain itu, hal tersebut bisa menjadi kebiasaan dan jika sudah begitu, akan susah dihilangkan. Menurut mereka, pendidikan seks memang harus diberikan sejak dini, tetapi tidak harus dengan mandi bersama Si Kecil.




Pendapat Pakar

Menurut Dr. William Sears, seorang dokter anak dan penulis buku-buku parenting terkenal asal Amerika Serikat, saat masih bayi, Si Kecil mungkin tidak merasa malu jika harus telanjang di depan Anda. Itulah sebabnya ia tidak memiliki masalah untuk mandi bersama orang tuanya.

Namun seiring pertambahan usianya, yaitu di sekitar usia 4-5 tahun, Balita mulai merasa ingin 'menyembunyikan' area pribadinya. Di saat inilah, kegiatan mandi bersama sebaiknya dihentikan. Apalagi jika Si Kecil mulai memiliki rasa malu dan tidak ingin Anda melihatnya telanjang, meskipun itu di kamar mandi.

Sementara itu, Debra W. Haffner, seorang seksolog dan penulis From Diapers to Dating mengatakan, jika Si Kecil mulai tertarik untuk menyentuh area pribadi Anda, segera hentikan kebiasaan mandi bersama. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: anak,   balita,   mandi,   mandi bersama










Cover Mei-Juni-Juli 2020