Mother&Baby Indonesia
Cara Mengajarkan Anak Mengenal Cuaca

Cara Mengajarkan Anak Mengenal Cuaca

Saat matahari bersinar cerah, Anda dan anak asyik bermain di halaman. Namun, mendadak langit berubah menjadi mendung dan hujan pun mulai turun. Anda pun berteriak, “Yaaahhh... hujan! Kita main di dalam saja yuk, Nak!” Anda dan Si Kecil pun segera masuk ke dalam rumah. Lalu, pahamkah Si Kecil dengan perubahan cuaca yang terjadi tersebut?


Hujan yang turun dari langit, matahari yang bersinar terang, awan yang mendadak gelap, semua merupakan kondisi alam yang bisa sangat menarik perhatian Si Kecil, Moms. Ia pun mungkin akan mulai bertanya kepada Anda, mengapa saat hujan turun langit menjadi gelap dan sebagainya. Nah, saatnya Anda mengenalkan cuaca kepada Si Kecil. Bagaimana caranya? Ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mengajarkan anak mengenal cuaca.




1. Rasakan dan Pelajari

Saat matahari pagi bersinar cerah, ajak Si Kecil untuk merasakan sinarnya yang hangat. Dan saat hujan, ajak juga ia merasakan air hujan yang turun menetes, serta hembusan angin di sore hari. Baritahukan padanya bahwa itulah cuaca yang dapat berubah kapan saja dan di mana saja.


2. Membaca Bersama

Ajak Si Kecil membaca buku yang bercerita tentang ragam cuaca disertai gambar yang menarik secara bersama-sama. Pelajari apa yang menyebabkan terjadinya panas, hujan, petir, dan angin.


3. Menonton Film

Anda bisa menggunakan film-film yang menceritakan tentang fenomena alam untuk mengenalkan cuaca kepada Si Kecil. Sambil menonton, berikan penjelasan mengenai apa yang terjadi, agar ia tidak kebingungan.




4. Menggambar dan Bercerita

Ceritakanlah bagaimana hujan terjadi, dengan menggambar awan yang kemudian menguap karena kepanasan sehingga menurunkan hujan. Aktivitas ini juga pasti akan menjadi momen menyenangkan bagi Si Kecil, Moms.


5. Menyanyi Bersama

Agar lebih menyenangkan, ajaklah Si Kecil untuk bernyanyi bersama lagu-lagu yang bercerita tentang cuaca, misalnya Tik Tik Tik Bunyi Hujan atau Pelangi Pelangi.


6. Membuat Percobaan

Si Kecil mungkin penasaran mengenai salju, namun Anda tidak bisa menunjukkannya karena di Indonesia memang tidak turun salju. Jangan menyerah, Moms! Ambil saja es batu dari kulkas dan serutlah. Si Kecil pun bisa merasakan bagaimana bentuk salju dan rasa penasarannya akan hilang. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: anak,   balita,   cuaca










Cover Mei-Juni-Juli 2020