Home - Balita - Tumbuh Kembang Balita / 5 November 2018 / Redaksi

Ini Pentingnya Ajarkan Anak Mengenal Berhitung

Salah satu materi dasar dalam belajar matematika adalah berhitung. Hal ini pun perlu diajarkan pada anak sejak dini. Sebab, matematika merupakan salah satu kecerdasan yang dimiliki Si Kecil dan bisa dikembangkan saat ia memasuki golden age.


Mengajarkan berhitung sebenarnya tidak terlalu sulit. Yang penting, Moms mengenalkan angka bagaimana menjumlahkan atau mengurangi dengan angka lain. Cara sederhana pun bisa dilakukan dengan 5 tips berikut ini:

• Kenalkan Si Kecil pada angka dengan menyanyikan lagu-lagu yang mengandung unsur angka, seperti Dua Mata Saya atau One Little Indian Boy.

• Anda dapat selalu memberikan keterangan jumlah benda-benda yang dimilikinya serta mengajaknya berhitung dalam segala kesempatan. Misalnya, Anda bisa mengatakan, “Sepatu kamu ada 2. dua-duanya sudah dirapikan ke dalam rak belum?” atau “Pensil warna kamu ada 10. Coba hitung, sudah lengkapkah semuanya?”

• Ketika belajar berhitung, gunakan alat bantu supaya Si Kecil mengerti tentang konsep pertambahan dan pengurangan. Apa pun bisa dipakai, seperti mainannya, jumlah orang dalam ruangan, dan lain-lain.

• Menggunakan aplikasi belajar atau permainan khusus anak di smartphone, yang bisa diunduh secara gratis. Hal ini bisa dijadikan sebagai sarana untuk memaksimalkan pengguaan gadget dalam mendidik anak.

• Memberikan tayangan video atau film yang mengajarkan tentang berhitung. Meskipun video dengan konten ini masih sedikit dalam bahasa Indonesia, namun Moms bisa mencari rekomendasi dari bahasa Inggris sebagai sarana belajar. Pastikan bahwa isi video aman ditonton anak-anak dan pantau ia saat sedang belajar.


Hal yang paling utama, tanamkan dalam diri Si Kecil bahwa berhitung adalah kegiatan yang menyenangkan. Berhitung bukanlah sesuatu yang sulit dilakukan karena dapat dilakukan untuk banyak hal. Baik saat menghitung mainannya atau menonton karakter favorit Si Kecil. (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)

share to BBM


RELATED ARTICLE

Anak Anda Berzodiak Scorpio? Ini Karakternya, Moms

Bahayakah Jika Balita Tidur Sambil Mendengkur?

Hindari Pemakaian Kata ‘Jangan’ pada Anak



OTHER ARTICLES

5 Karakter Tidur Bayi Baru yang Mesti Anda Pahami

Bahaya Risiko Obesitas Karena Kurang Tidur pada Anak

Hati-Hati, Pepes bisa Kurangi Gizi pada Ikan!

Mengenal dan Mengatasi Penyakit Kuning pada Bayi

Cara Mengajarkan Anak Mengenal Cuaca