Mother&Baby Indonesia
Moms, Ini Cara Melatih Si Kecil Makan Sendiri

Moms, Ini Cara Melatih Si Kecil Makan Sendiri

Belajar makan sendiri merupakan satu hal yang penting dilakukan Si Kecil. Pasalnya, kegiatan ini dapat membantu menstimulasi kemampuan motorik halus dan kasarnya sekaligus. Perkembangan otak dan kecerdasan anak juga meningkat jika terjadi koordinasi motorik yang baik.

Anna Surti Ariani S.Psi., M.Si., psikolog anak, menjelaskan, saat Si Kecil belajar makan, ia juga belajar berkonsentrasi dan ketekunan. Sebab dengan menyuapinya atau membiarkannya makan sambil melihat gadget, konsentrasi Si Kecil akan terpecah. Proses melatih ketekunan juga tidak akan terjadi.




Melatih Anak Makan Sendiri

Anda pun bisa melatih Si Kecil untuk bisa makan sendiri. Umumnya, kegiatan ini dilakukan saat ia berusia 8-10 bulan atau saat bayi sudah mampu memegang sesuatu dan duduk sendiri. Setelah itu, lakukan empat cara berikut ini:

• Berikan makanan yang bisa dipegang (finger food) seperti biskuit dan buah-buahan. Ini akan melatih kemampuan motorik tangan serta konsentrasi untuk tidak menjatuhkan makanan tersebut.

• Selalu membiasakan Si Kecil makan di meja makan dan tidak sambil jalan-jalan. Moms bisa menyediakan kursi khusus yang biasa digunakan untuk anak makan.

• Saat Si Kecil sudah berusia 18-24 bulan, mulai ajarkan untuk menggunakan peralatan makan dengan benar. Berikan sendok dan garpu sesuai dengan usianya. Untuk peralatan makan, pilih yang bergambar lucu agar menarik perhatiannya dan tidak berbahaya untuk anak-anak.



• Selalu dampingi Si Kecil saat makan hingga ia benar-benar mandiri untuk makan sendiri. Namun, jangan sampai membuatnya merasa terpaksa saat makan. Anda hanya perlu memerhatikannya secara diam-diam saja.


Khawatir Kotor

Setelah anak makan, mungkin meja makan atau bajunya penuh dengan noda makanan yang berantakan. Namun ini adalah masa Si Kecil untuk belajar sehingga perkembangan dirinya pun bisa berlangsung dengan baik. Karenanya, jangan takut akan kotor dalam proses belajar balita ini, Moms.

Sebagai tips, Anda bisa memberi alas dari plastik atau kertas koran bekas di area makan Si Kecil. Jika ia sudah selesai makan, maka alas tersebut bisa langsung dibuang dan rumah Moms tetap terjaga kebersihannya. Selamat mencoba ya, Moms. (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: bayi,   makan sendiri,   tumbuh kembang,   motorik,   kecerdasan,   otak