Mother&Baby Indonesia
Menitipkan Bayi di Tempat Penitipan Anak atau Daycare

Menitipkan Bayi di Tempat Penitipan Anak atau Daycare

Jika Anda dan suami adalah pasangan yang bekerja, daycare menjadi satu pilihan untuk menitipkan anak. Di sana, Si Kecil tidak hanya dibiarkan bermain sendiri. Ada guru yang akan mengajarkan Si Kecil tentang berhitung atau menggambar, layaknya taman kanak-kanak.


Sebagai tempat penitipan anak, ada juga anak lain yang sebaya dengan Si Kecil. Ini bisa menjadi ajang baginya belajar bersosialisasi untuk berteman dengan anak lain. Karenanya, keberadaan daycare dirasa sangat membantu para orang tua.




Pemilihan daycare pun berlandaskan pertimbangan tentang rasa ragu jika meninggalkan Si Kecil kepada babysitter. Menitipkan anak di tempat tersebut juga dapat menambahkan rasa mandiri serta mudah beradaptasi karena Si Kecil dituntut seperti itu di daycare.


Bukan dibiarkan untuk melakukan hal seenaknya, namun pengasuh di tempat penitipan tetap memberikan pengawasan pada anak-anak. Keamanan pun menjadi penting sehingga Si Kecil tetap terjaga sampai orang tua menjemput Si Kecil kembali.


Namun, tak sedikit dari orang tua yang enggan menaruh anaknya di daycare. Mereka merasa jumlah pengasuh yang tidak sebanding dengan jumlah anak dapat meningkatkan risiko kecelakaan anak. Sebab, mereka tidak dapat mengawasi semua anak di sana.




Moms lainnya merasa akan lebih aman jika bayi mereka dititipkan kepada kakek atau nenek saja. Selain lebih mudah untuk berkomunikasi dan mengontrol keadaannya, kebersihan tempat penitipan juga menjadi pertimbangan lain yang meragukan bagi orang tua.


Menanggapi hal tersebut, Putu Pradnya Dewi Andani, M.Psi., Psikolog Anak dan Remaja dari Tiga Generasi menjelaskan, anak yang dititipkan di daycare akan mudah berinteraksi dengan orang baru. Selain itu, biasanya tempat penitipan anak juga sudah memiliki program yang dirancang sesuai perkembangan anak.


Melalui kegiatan terstruktur ini, Si Kecil akan terbiasa dengan rutinitas, serta belajar untuk mengikuti aturan dan bersosialisasi. Namun, Moms perlu waspada dengan penularan penyakit. Saat di daycare, anak akan berinteraksi dengan orang lain, sehingga lebih rentan tertular penyakit.


Sebelum memilih tempat penitipan untuk bayi Anda, pastikan program dan jenis makanan yang sesuai dengan Si Kecil. Perhatikan juga latar belakang pengasuh dan guru, serta keamanan infrastruktur daycare agar Moms lebih tenang menitipkannya di daycare pilihan Anda. (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: bayi,   daycare,   penitipan anak