Home - Bayi - Tumbuh Kembang Bayi / 1 November 2018 / Redaksi

Ini Sifat Khas yang Dimiliki Anak Perempuan

Riset menunjukkan bahwa banyak perbedaan antara anak laki-laki dan perempuan yang terlihat sejak mereka lahir dan mungkin tidak dapat diubah. Tidak hanya jelas secara fisik, perbedaan sifat pun terlihat pada anak laki-laki dan perempuan. Selain sifat khas yang diperlihatkan pada anak laki-laki, Moms juga perlu mengetahui sifat khas dari anak perempuan.


Saat Anda membesarkan seorang anak perempuan, bersiaplah untuk mengobrol panjang dengannya. Ketika Si Kecil sedang bertatap mata dengan Anda saat baru lahir (penelitian menunjukkan anak perempuan lebih baik dalam hal ini dibandingkan anak laki-laki) atau lebih cepat mengucapkan kata pertamanya, anak perempuan lebih lancar berkomunikasi dan berinteraksi dengan Anda, Moms. Berikut ini beberapa sifat khas yang dimiliki anak perempuan yang tentunya berbeda dengan anak laki-laki.




Jago Meniru

Dalam sebuah studi yang dilakukan, anak perempuan baru lahir lebih baik dalam meniru gerakan jari dibandingkan dengan anak laki-laki. Saat bisa berjalan, anak perempuan akan maju lebih pesat dalam meniru perilaku seperti berpura-pura mengasuh bayi.


Terampil

Balita perempuan melampaui balita laki-laki dalam hal mengerjakan sesuatu yang berkaitan dengan keterampilan motorik halus, sebuah kemampuan awal yang akan terus melekat sampai prasekolah. Mereka juga lebih awal dalam memanipulasi mainan, menggunakan peralatan makan, dan menulis dengan rapi.




Pendengar Baik

Anak perempuan lebih terbiasa dan lebih suka mendengarkan suara manusia dibandingkan suara lain. Goyangkan rattle dan Anda tidak akan melihat perbedaan antara bayi perempuan dan laki-laki. Tetapi ketika Anda berbicara, kemungkinan besar bayi perempuan yang akan merespons. Sedangkan pada bayi laki-laki, mereka cenderung lebih cuek.


Suka Tatap Muka

Anak perempuan lebih sering bertatap muka dan tertarik pada wajah-wajah, terutama wanita. Mereka juga lebih baik dalam membaca emosi wajah, sementara anak laki-laki lebih lama menyadari perbedaannya. Hal ini diperkuat oleh meta analisis dari 26 studi tentang kemampuan anak mengenali ekspresi wajah.


Cepat Bicara

Anak perempuan mengerti apa yang Anda katakan, mulai berbicara lebih awal (sekitar 12 bulan, dan 13-14 bulan pada anak laki-laki), dan akan semakin pintar bicara seiring kemampuan mereka berjalan. (M&B/SW/Dok. Freepik)

 

 


RELATED ARTICLE

Moms, Ini yang Khas dari Anak Laki-Laki

Ini Gerakan Senam Sederhana untuk Bayi Sesuai Usia

3 Refleks Utama yang Terjadi saat Bayi Pertama Menyusu

OTHER ARTICLES

Mengajak Pendidikan Indonesia untuk Berpihak pada Anak

Ini Alasan Balita Terobsesi dan Suka Hal yang Sama

Lakukan Ini untuk Membangun Percaya Diri Bayi Anda!

Mengenal 4 Tipe Bayi, Manakah Tipe Si Kecil, Moms?

Yang Perlu Diperhatikan saat Balita Ikut Lomba 17-an