Mother&Baby Indonesia
Mengenal Bronkiolitis, Penyakit Infeksi Pernapasan Anak

Mengenal Bronkiolitis, Penyakit Infeksi Pernapasan Anak

Bronkiolitis merupakan infeksi saluran napas. Penyakit ini umumnya menyerang anak-anak di bawah umur 2 tahun. Gejala yang ditunjukkan sama seperti flu biasa disertai batuk. Gejala lain adalah batuk kering dan demam.

 

Penyebab Bronkiolitis



Bronkiolitis dapat sembuh dengan sendirinya. Namun pada beberapa kasus, penyakit ini bisa menjadi sangat serius. Karena itu, Anda harus tetap waspada. Bronkiolitis disebabkan oleh infeksi Respiratory Syncytial Virus yang ditularkan melalui percikan air liur, batuk, atau bersin dari penderita bronkiolitis.

 

Faktor Risiko Bronkiolitis



Beberapa kondisi yang memungkinkan anak mempunyai risiko tinggi terkena brokiolitis adalah lahir prematur, berusia di bawah 3 bulan, tidak pernah diberikan ASI, serta memiliki kekebalan tubuh yang rendah. Dan faktanya, sangat sulit untuk mendeteksi penyakit ini. Karenanya, jika gejalanya terus-menerus terlihat, sebaiknya Anda membawa Si Kecil untuk menemui dokter.

 

Mengatasi Bronkiolitis

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menghindarkan anak dari bronkiolitis. Di antaranya berikan ASI eksklusif hingga usia 2 tahun, jauhkan dari asap rokok, biasakan mencuci tangan saat menggendong Si Kecil, serta meminimalkan kontak fisik dengan penderita flu dan batuk. (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: bayi,   anak,   kesehatan,   bronkiolitis,   infeksi pernapasan








Cover Januari - Februari 2020