Home - Kehamilan & Persalinan - Persalinan / 15 Oktober 2018 / Redaksi

Pentingnya Mempersiapkan Biaya Persalinan

Tidak hanya mempersiapkan mental dan fisik, menjelang persalinan Moms dan Dads juga harus mempersiapkan biayanya. Seperti diketahui, sekarang ini biaya persalinan tidaklah murah, apalagi jika Anda ingin mendapatkan pelayanan terbaik dari rumah sakit. Yuk persiapkan dari sekarang, dan simak pembahasan Mother&Baby Indonesia mengenai hal-hal yang perlu Moms perhatikan dalam menyiapkan biaya untuk persalinan, baik secara normal ataupun caesar.

 

Persalinan Normal

Kebanyakan ibu tentu berharap dapat melahirkan secara normal. Mengutip pernyataan dr. Diah Sartika Sari, SpOG dari laman Kemang Medical Care, persalinan normal memang yang paling ideal dan minim risiko, seperti perdarahan yang tidak berlebihan. Proses pemulihan setelah persalinan pun umumnya relatif lebih cepat. Sekitar 4-6 jam setelah persalinan, Moms umumnya sudah bisa berjalan dan keesokan harinya sudah diperbolehkan pulang dari rumah sakit.



Selain itu, biaya persalinan normal yang jauh lebih murah ketimbang operasi caesar juga menjadi pertimbangan tersendiri dan menjadi kelebihan bagi para ibu yang memilih bersalin secara normal. 

 

Operasi Caesar 

Dokter Diah mengungkapkan, persalinan caesar sebaiknya hanya dilakukan bila ada indikasi medis yang mengancam keselamatan ibu dan bayi. Namun sekarang ini, banyak pula calon ibu yang justru sudah sejak awal merencanakan persalinannya secara caesar. Mengutip survei pada buku kehamilan The Pregnancy Handbook karya Nadia Mulya, alasan dilakukan persalinan caesar antara lain karena keputusan dokter, persalinan sebelumnya juga secara caesar, tidak ingin merasakan nyeri hebat persalinan, bisa menentukan tanggal kelahiran bayi, dan lain-lain.



Melahirkan secara caesar tidaklah murah. Hal ini antara lain disebabkan masa pemulihan pasca-operasi yang memakan waktu sehingga Moms harus menjalani rawat inap lebih lama. Selain itu, kebutuhan akan obat-obatan juga cukup banyak seperti anestesi, obat penghilang rasa sakit, serta antibiotik untuk mencegah infeksi.

 

Tidak heran jika biaya persalinan caesar besarnya bisa dua kali lipat dari persalinan normal. Dan untuk mempersiapkan biaya tersebut, Anda dapat memiliki panduannya di Majalah Mother&Baby edisi Oktober 2018. Pembahasannya lengkap dengan rincian biaya yang bisa Moms pakai untuk perkiraan biaya persalinan. Jangan sampai kehabisan ya, Moms! (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)

 

 


RELATED ARTICLE

Risiko Persalinan dengan Vakum

Bisakah Melahirkan Normal Setelah Melakukan Caesar?

Metode Homebirth, Aman atau Tidak, ya?

OTHER ARTICLES

Benarkah Obstetric Cholestasis Jadi Penyebab Prematur?

Waspada Hepatitis A pada Anak! Ketahui 10 Fakta Ini

Cara Tepat Mencapai Tujuan Keuangan Keluarga Anda

Ini Tanda-Tanda Bayi Kelelahan dan Cara Mengatasinya

Tips Berpuasa untuk Anda yang Menderita Asam Lambung