Home - Bayi - Baby First Time / 30 Oktober 2018 / Redaksi

Kemampuan Mengagumkan yang Dimiliki Bayi

Walaupun perbendaharaan katanya masih terbatas dan belum bisa berbicara, newborn memiliki kemampuan rahasia yang mengagumkan. Moms bisa membantu mengembangkan kemampuan tersebut dengan cara yang tepat seperti berikut ini.


Senyum Penuh Arti

Saat Si Kecil tersenyum untuk pertama kalinya, ini merupakan teknik bawaan yang dimilikinya untuk membuat Anda mencintainya. Hal ini juga berarti ia tengah berusaha untuk membuat Anda senang. “Dengan melihat senyuman Si Kecil, orang dewasa, termasuk Anda, akan jatuh cinta kepadanya,” jelas Dr. Bob Welch dari Royal College of Pediatrics and Child Health.



Lakukan ini di rumah: Berbicara atau bermain cilukba untuk memancing senyum Si Kecil. Dengan begini, Anda akan menarik perhatiannya. Cobalah untuk tersenyum kepadanya. Ia akan menirukan Anda.


Otak yang Super

Otak newborn memiliki miliaran sel. “Otaknya terdiri dari 2 kali jumlah neuron yang akan ia gunakan nantinya, dan hanya koneksi antar sel otak yang baik yang bisa bertahan,” ujar Dr. Welch. Newborn juga sudah memiliki pemahaman akan angka. Ketika ia diperdengarkan rangkaian dari 4 dan 12 suara, yang dibarengi dengan gambar-gambar dengan beberapa jumlah, ia akan melihat lebih lama ke arah gambar yang memiliki jumlah sama dengan rangkaian suara.

Lakukan ini di rumah: Tirulah gerakan dan suara yang dibuat olehnya. Penelitian menyebutkan bahwa hal ini bisa membantu membentuk koneksi antar sel otak. Jangan lupa untuk menstimulasi Si Kecil lewat bermain, berbicara, dan bernyanyi. Selain bonding yang semakin kuat, komunikasi dengan Si Kecil akan menyenangkan juga.


Kemampuan Melihat

“Kemampuan Si Kecil untuk melihat dengan baik akan berkembang di bulan-bulan pertama usianya,” ujar Dr. Andrew Bremmer dari Infant Lab di University of Goldsmiths. “Matanya mungkin akan berkedip-kedip ketika mencoba untuk mengikuti gerak suatu objek,” tambahnya. Hal ini ternyata karena di 3 bulan pertama usianya, ia belum bisa mengikuti gerak suatu benda.



Lakukan ini di rumah: Latihlah indera penglihatan Si Kecil agar kemampuan daya lihatnya semakin baik. Newborn secara otomatis sangat menyukai wajah, terutama wajah Anda. Ketika Si Kecil melihat Anda, cobalah untuk menggerakkan kepala Anda ke kiri dan ke kanan secara perlahan, agar ia bisa mengikutinya. Melihat benda yang disukai (wajah Anda) akan membuatnya ceria dan bahagia. Anda pun akan merasa demikian.


Mendengar Suara

Si Kecil sudah mulai mendengar suara ketika ia masih di dalam rahim. Jadi ketika lahir, ia sudah mengenali suara Anda yang bisa menenangkannya. “Jika Anda terbiasa untuk membacakan sebuah buku kepada Si Kecil ketika ia masih di dalam kandungan, ia akan mengenali dan sangat menyukai saat Anda membacakannya lagi setelah ia lahir,” ujar Dr. Bremmer. “Jika orang lain yang membacakannya, Si Kecil akan mengenali perbedaan intonasi dan tak akan merasakan tenang dan bahagia seperti ketika mendengar suara Anda,” tambahnya. Pendengaran Si Kecil akan berkembang dengan sempurna saat ia berusia 1 bulan.

Lakukan ini di rumah: Anda bisa menarik perhatiannya dengan berbicara pada Si Kecil menggunakan nada tinggi dan panjang. Ia akan lebih mendengarkan jenis suara seperti ini dibandingkan suara yang konsisten.


Otot yang Kuat

“Jika Anda meletakkan jari di tangan Si Kecil, ia akan menggenggamnya,” ujar Profesor Alan Slater dari The University of Exeter. “Ini dinamakan dengan palmar grasp reflex, dan seperti yang dilakukan anak kera yang berpegangan pada induknya saat melompat,” tambahnya.

Lakukan ini di rumah: Ajarkan Si Kecil tummy time. Kegiatan ini akan memperkuat otot leher dan tangannya. Jika ia tak terlalu suka melakukannya, biarkan ia berbaring di dada Anda dan melihat wajah Anda dari dekat. (M&B/SW/Dok. Freepik)

 

 


RELATED ARTICLE

Bolehkah Bayi Bersahabat dengan Hewan Peliharaan?

Waspada Asfiksia, Bayi Baru Lahir Kekurangan Oksigen

100+ Rekomendasi Nama Arab untuk Anak Laki-Laki

OTHER ARTICLES

Mengajak Pendidikan Indonesia untuk Berpihak pada Anak

Ini Alasan Balita Terobsesi dan Suka Hal yang Sama

Lakukan Ini untuk Membangun Percaya Diri Bayi Anda!

Mengenal 4 Tipe Bayi, Manakah Tipe Si Kecil, Moms?

Yang Perlu Diperhatikan saat Balita Ikut Lomba 17-an