Home - Kehamilan & Persalinan - Kehamilan / 25 Oktober 2018 / Redaksi

10 Tips Atasi Kaki Bengkak saat Hamil

Tak usah cemas jika kaki Anda bengkak saat hamil. Biasanya kondisi ini masih normal karena hampir 75% ibu hamil mengalami hal ini. Pembengkakan yang Anda alami ini juga sifatnya hanya sementara.

 

Kejadian kaki bengkak memang umum terjadi pada ibu hamil. Hal ini dikarenakan adanya penimbunan cairan dalam tubuh ibu hamil. Meskipun begitu, pembengkakan ini tidak hanya terjadi di kaki, tetapi bisa juga terjadi di bagian tubuh lain. Namun, yang paling sering dialami adalah pada bagian kaki.
 



Kenapa Kaki bisa Bengkak?

Perubahan metabolisme tubuh berpengaruh pada keseimbangan volumen cairan tubuh. Ketika sedang tidak hamil, volume air yang masuk ke dalam tubuh, kurang lebih sama dengan volume yang dikeluarkan. Akan tetapi, saat hamil, cairan yang berlebih tidak selalu dapat dikeluarkan dengan lancar. Jika ini terjadi, cairan yang berlebihan akan tertimbun dan tersimpan di jaringan-jaringan tubuh.

Nah, sesuai dengan sifat cairan yang mengalir ke tempat lebih rendah, maka jaringan yang menjadi tujuan dari cairan tersebut adalah bagian-bagian tubuh yang terletak di bawah. Itulah sebabnya kaki paling sering mengalami pembengkakan.
 

Tips Atasi Kaki bengkak

Pembengkakan kaki pada wanita hamil mungkin tidak bisa dihindari sepenuhnya, tetapi ada beberapa cara untuk menguranginya. Berikut ini tips mengatasi kaki bengkak saat hamil, yaitu:

1. Saat duduk atau berbaring, angkat kaki Anda ke atas (bila mungkin, lebih tinggi dari jantung Anda).

2. Jangan menyilangkan kaki atau pergelangan kaki saat Anda sedang duduk.

3. Hindari berdiri terlalu lama.



4. Ketika duduk, gerakkan kaki Anda ke atas dan ke bawah sebanyak 30 kali. Anda juga bisa putar pergelangan kaki Anda 8 kali ke arah kanan dan sebaliknya. Lakukan gerakan ini secara bergantian pada kedua kaki.

5. Kenakan alas kaki atau kaus kaki yang nyaman.

6. Biasakan tidur dengan posisi miring ke kiri. Hal ini dilakukan mengingat pembuluh darah vena ada di sebelah kanan tubuh, sehingga posisi ini berdampak lebih baik terhadap upaya penurunan tekanan.

7. Minum banyak cairan, minimal 8 gelas per hari. Tindakan ini akan membantu membersihkan tubuh dari sisa-sisa metabolisme yang bisa meningkatkan risiko terjadinya pembengkakan.

8. lakukan olahraga secara teratur, misalnya jalan kaki atau berenang.

9. Kompres bagian kaki yang bengkak dengan sesuatu yang dingin.

10. Minta pasangan untuk memijat kaki Anda dengan lembut. Arahkan ia untuk memijat dari pergelangan menuju tempurung kaki Anda menggunakan kedua tangannya. Anda bisa menggunakan oil atau krim untuk membuat kaki terasa lebih nyaman. (M&B/SW/Dok. Freepik)

 

 


RELATED ARTICLE

Moms, Kenali Hidramnion dan Cara Mengatasinya

Moms, Ini 10 Ciri Anda Hamil Anak Perempuan

Moms, Ini 10 Ciri Anda Hamil Anak Laki-Laki

OTHER ARTICLES

Trik Cerdas Memilih Aksesori Rambut untuk Anak

Cara Mudah dan Murah Belanja Produk Kesehatan

Kenali Polyhidramnios, Penumpukan Air Ketuban

5 Tips Melakukan Olahraga di Bulan Puasa

Trik Memilih Nama untuk Bayi Anda