Home - Kehamilan & Persalinan - Kehamilan / 24 Oktober 2018 / Redaksi

Moms, Ini 10 Ciri Anda Hamil Anak Perempuan

Setelah Moms tahu tentang ciri-ciri kehamilan anak laki-laki, Anda juga perlu mengetahui ciri-ciri kehamilan anak dengan jenis kelamin perempuan. Hal-hal yang terjadi pada masa kehamilan anak perempuan pun pastinya berbeda dengan kehamilan anak laki-laki.


Jenis kelamin anak memang biasanya baru bisa diketahui saat usia kehamilan 3 bulan melalui USG. Tetapi, ada ciri atau tanda tertentu yang Moms alami dan menunjukkan bahwa anak yang dikandung berjenis kelamin perempuan. Apa saja ciri-cirinya tersebut? Simak penjelasannya berikut ini, Moms.




Bentuk Perut

Ciri pertama yang cukup umum sebagai tanda Anda hamil anak perempuan adalah bentuk perut. Ini terlihat pada perut yang melebar serta membuncit agak tinggi. Namun sekali lagi, hal ini bukan penentu utama bahwa Anda akan melahirkan anak perempuan ya, Moms.


Detak Jantung Bayi

Untuk janin perempuan, detak jantung menjadi lebih cepat dari 140 detak per menit. Ada teori yang mengatakan karena ukurannya yang lebih kecil, detak jantung janin pun lebih cepat. Namun hal ini diragukan oleh Steven Dowshen MD dari Nemours Children's Hospital di Washington, AS. Karena pada dasarnya, semua janin memiliki detak jantung antara 120-160 detak per menit.


Mengalami Morning Sickness

Ciri lain yang belum dipastikan secara medis namun dipercaya bahwa ibu hamil mengandung janin perempuan adalah mengalami morning sickness yang parah. Beberapa penelitian menyebutkan, ibu hamil dapat merasakan mual karena jumlah hCG meningkat. Dan hormon ini lebih banyak diproduksi jika Moms sedang mengandung janin perempuan.


Linea Nigra

Linea nigra atau garis hitam di perut ini akan muncul saat Anda mengandung. Jika Moms mengandung anak perempuan, maka garis ini terbentang dari daerah pusar ke bawah. Bentuknya pun seperti berliku-liku, yang bisa menjadikan salah satu tanda bahwa ibu hamil akan memiliki bayi perempuan.


Posisi Tidur

Untuk posisi tidur, hal ini bisa menjadi ciri lain Moms hamil anak perempuan. Hal tersebut terlihat jika Anda lebih menyukai tidur dengan menghadap posisi kanan. Tetapi, hal ini sebenarnya hanya permasalahan kenyamanan dan kebiasaan saja ya, Moms.




Ngidam Makanan Manis

Banyak juga yang percaya bahwa ibu hamil yang ngidam makanan manis merupakan tanda ia sedang hamil bayi perempuan. Namun penelitian menyatakan, jika sang ibu ngidam kemungkinan karena kekurangan nutrisi yang dibutuhkannya saat hamil. Meskipun begitu, menurut American Association Pregnancy, saat hamil sebaiknya kita memerhatikan jumlah pemanis yang ada di asupan makanan. Sebab, pemanis buatan dapat diserap oleh janin lewat plasenta dan tentunya bisa berdampak bagi kesehatan janin.


Pergerakan Janin

Gerakan janin perempuan dalam kandungan nyatanya tidak dapat diprediksi. Terkadang ia akan menendang cukup keras atau malah sangat lembut. Pergerakannya pun bisa terjadi saat Moms sedang tidur atau dalam keadaan diam.


Perubahan Mood

Ibu yang hamil anak perempuan dirasakan oleh orang lain memiliki perubahan suasana hati yang cukup sering. Terkadang, mungkin Anda merasa tenang atau cukup bahagia, namun tak lama kemudian rasa amarah atau depresi bisa muncul tiba-tiba. Walaupun demikian, faktanya, perubahan mood ini dipengaruhi banyak hal, termasuk ekspektasi Moms yang terlalu tinggi akan proses kehamilan dan persalinan. Jadi, jangan terlalu dipikirkan agar tidak menyebabkan stres berkelanjutan, ya.


Perubahan Sifat

Jika Moms merasa lebih sering mengomentari banyak hal, kemungkinan janin berjenis kelamin perempuan. Anda jadi mendapat julukan cerewet karena selalu memberikan pendapat dibandingkan sebelumnya. Selain itu, ibu hamil dengan janin perempuan juga menjadi lebih overprotektif pada hal-hal di sekitarnya. Tak hanya pada suami, tetapi juga kondisi rumah yang sedang berantakan. Hal ini pun bisa sangat merepotkan bagi Dads, nih.


Mengharapkan Jenis Kelamin Khusus

Sangat berharap memiliki anak perempuan nyatanya bisa berbanding terbalik dengan kenyataan. Karena itu, Moms dan Dads, usahakan agar tidak terobsesi dengan jenis kelamin janin. Yang terpenting adalah kesehatan ibu hamil selama masa kehamilan sampai proses persalinan tiba.(Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)

 

 


RELATED ARTICLE

Moms, Ini 10 Ciri Anda Hamil Anak Laki-Laki

Kenali Pengapuran Plasenta dan Cara Mencegahnya

Moms, Ini Ide Kegiatan Menyenangkan Selama Masa Hamil

OTHER ARTICLES

Benarkah Obstetric Cholestasis Jadi Penyebab Prematur?

Waspada Hepatitis A pada Anak! Ketahui 10 Fakta Ini

Cara Tepat Mencapai Tujuan Keuangan Keluarga Anda

Ini Tanda-Tanda Bayi Kelelahan dan Cara Mengatasinya

Tips Berpuasa untuk Anda yang Menderita Asam Lambung