Home - Kehamilan & Persalinan - Kehamilan / 23 Oktober 2018 / Redaksi

Moms, Ini 10 Ciri Anda Hamil Anak Laki-Laki

Dari sekian banyak informasi mengenai kehamilan, ciri-ciri jenis kelamin janin menjadi salah satu yang paling dicari. Sebab, para Moms dan juga Dads ingin mengetahui apakah Si Kecil nantinya berjenis kelamin perempuan atau laki-laki, bahkan sejak janin masih berada dalam kandungan.




Umumnya, jenis kelamin janin baru bisa diketahui saat usia kehamilan 3 bulan melalui USG. Namun, ada beberapa ciri yang dialami oleh ibu hamil yang bisa menunjukkan bahwa ia mengandung bayi laki-laki. Apa sajakah ciri-ciri tersebut? Simak penjelasannya berikut ini, Moms.


Bentuk Perut

Salah satu yang dipercaya menjadi ciri kehamilan bayi laki-laki adalah bentuk perut yang cenderung turun atau berbentuk bulat sempurna. Meskipun begitu, hal ini sebenarnya bukan acuan utama, sebab ada banyak faktor yang memengaruhi bentuk perut ibu hamil, misalnya posisi bayi di dalam kandungan, postur tubuh ibu, juga berapa kali Moms mengalami kehamilan. Tahapan usia saat hamil juga menjadi faktor lain dari bentuk perut tersebut.


Detak Jantung Bayi

Salah satu yang juga dipercaya sebagai ciri Anda mengandung bayi laki-laki adalah detak jantung janin. Pada janin laki-laki, detak jantung menjadi lebih lambat dari 140 detak per menit. Tapi, dr. Michael Randell, dokter spesialis kandungan dan kebidanan dari Atlanta, Amerika Serikat, membantah hal tersebut. “Detak jantung bayi bisa bervariasi setiap harinya. Kemudian terkait berat badan, tidak ada jaminan kalau laki-laki punya berat badan yang lebih, banyak kok, bayi laki-laki lahir dengan berat badan rendah,” kata Randell, dilansir dari Today.com.


Jarang Morning Sickness

Ciri satu ini sebenarnya masih belum bisa dipastikan. Namun, beberapa penelitian menyebutkan, ibu hamil dapat merasa sering mual karena jumlah hCG meningkat. Hormon ini lebih banyak diproduksi jika Moms sedang mengandung janin perempuan. Dari hal tersebut, maka bisa disimpulkan bahwa janin laki-laki tidak memproduksi hormon hCG yang banyak dan membuat Anda jarang mual. Tetapi, kondisi morning sickness ini memang umum terjadi pada trimester pertama.


Linea Nigra

Linea nigra atau garis hitam di perut ini akan muncul saat Anda mengandung. Dan jika garis tersebut putus-putus, atau tidak tegak lurus, bisa jadi Moms mengandung anak laki-laki. Sayangnya, belum ada penelitian pasti mengenai keakuratan ciri satu ini.




Posisi Tidur

Ciri lain yang juga dipercaya jika Moms hamil anak laki-laki adalah posisi tidur. Jika tanpa disadari dan secara refleks Anda tidur menghadap ke sebelah kiri, mungkin jagoan kecil yang nantinya akan lahir. Namun, ini masih kemungkinan ya, Moms.


Urine yang Pekat

Warna urine yang terlihat pekat dipercaya menjadi tanda Anda mengandung bayi laki-laki. Warna ini pun dapat menjadi hijau tua, cokelat, atau warna hitam pekat. Hal ini mungkin terjadi karena ibu hamil mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh.


Bercak Hitam

Beberapa Moms mengaku saat hamil bayi laki-laki, muncul bercak berwarna hitam di bagian tubuhnya. Mereka juga merasa bagian di sekitar areola payudara menjadi lebih hitam. Tak jarang pula Moms yang merasa dirinya terlihat tidak merawat diri dengan baik saat hamil, meski sebetulnya ia tetap melakukan perawatan.


Ngidam Makanan Asin

Banyak yang juga percaya bahwa bumil yang ngidam makanan asin adalah ciri ia hamil bayi laki-laki. Selain itu, keinginan mereka mengonsumsi makanan asam juga lebih tinggi. Namun penelitian menyatakan, jika sang ibu ngidam kemungkinan karena kekurangan nutrisi yang dibutuhkannya saat hamil.


Pergerakan Janin

Janin berjenis kelamin laki-laki dirasa memiliki pergerakan yang teratur sesuai ritme tertentu. Hal tersebut juga sudah bisa dirasakan sejak usia 3 bulan, dan semakin aktif di usia kandungan 5 bulan ke atas. Tendangan yang ditunjukkan juga bisa diprediksi dibandingkan bayi perempuan.


Mengharapkan Jenis Kelamin Khusus

Moms juga Dads pasti sudah mengira-ngira jenis kelamin Si Kecil yang diharapkan. Namun, jangan sampai terobsesi, ya. Karena biasanya, ketika Anda mengharapkan anak perempuan, mungkin saja yang lahir adalah bayi laki-laki atau sebaliknya. (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)

 

 


RELATED ARTICLE

Kenali Pengapuran Plasenta dan Cara Mencegahnya

Moms, Ini Ide Kegiatan Menyenangkan Selama Masa Hamil

Seberapa Hebat Pengetahuan Anda tentang Kehamilan?

OTHER ARTICLES

Belanja Seru dan Berburu Ilmu di M&B Fair 2019 Makassar

Berbagi Ilmu dan Keceriaan di Mother&Baby Fair Makassar

Momo Market " Future Culture"

Awas, TBC Bisa Mengancam Balita Anda, Moms!

4 Hal yang Ganggu Rutinitas Bayi dan Cara Mengatasinya