Mother&Baby Indonesia
Seberapa Hebat Pengetahuan Anda tentang Kehamilan?

Seberapa Hebat Pengetahuan Anda tentang Kehamilan?

Mengetahui berbagai informasi tentu saja membuat Moms akan bisa menjalani kehamilan dengan lebih baik. Untuk menambah lagi pengetahuan seputar kehamilan, Anda bisa mengisi kuisnya di bawah ini. Mother&Baby Indonesia memberikan juga penjelasan lengkapnya untuk Moms!

 

1. Berapa minggu usia kehamilan yang penuh?



A. 39 minggu

B. 40 minggu

C. 41 minggu


2. Morning sickness disebabkan oleh?

A. Kelelahan

B. Kurang asupan vitamin

C. Hormon


3. Selama masa kehamilan, olahraga yang Moms lakukan sebaiknya…

A. Sama dengan olahraga sebelum hamil.

B. Berubah sesuai dengan yang dokter anjurkan.

C. Tidak melakukan olahraga sama sekali sampai Si Kecil lahir.


4. Di trimester ke-2, berat badan rata-rata ibu hamil naik sekitar

A. 3 kg per minggu

B. 900 gr per minggu

C. 450 gr per minggu


5. Makanan apa yang paling banyak mengandung asam folat?

A. Kentang

B. Daging merah

C. Kacang polong


6. Benar atau salah: seks aman jika dilakukan saat hamil?

A. Benar

B. Salah


7. Apa itu plasenta previa?

A. Plasenta yang letaknya abnormal, yaitu pada segmen bawah uterus sehingga bisa menutupi sebagian atau seluruh pembukaan jalan lahir.

B. Plasenta yang tidak sepenuhnya melekat pada dinding rahim.

C. Plasenta kecil yang mempersempit janin.

 

8. Apa itu mucus plug (lendir) saat hamil?

A. Komplikasi yang disebabkan oleh mucus (lendir) yang terbentuk di dalam rahim.



B. Lendir yang terbentuk dekat leher rahim untuk mencegah infeksi.

C. Zat khusus yang dibuang pada trimester ke-2 sampai lahirnya bayi.

 

9. Benar atau salah: tidur miring ke kiri membuat aliran darah jadi lebih baik dan mengurangi pembengkakan?

A. Benar

B. Salah


10. Saat hamil, tidak aman untuk mengonsumsi…

A. Telur setengah matang.

B. Salad yang telah dikukus atau direbus.

C. Buah-buahan


JAWABAN:

1.  B

Usia kehamilan penuh biasanya sampai 40 minggu. Pada minggu ini, proses pembentukan telah berakhir dan janin siap untuk dilahirkan. Si Kecil telah menguasai semua kemampuan yang ia butuhkan untuk bertahan hidup di luar rahim. Di usia ini, posisi kepala Si Kecil sudah turun ke ruang pelvis atau panggul.

2. C

Morning sickness terjadi karena perubahan hormon pada ibu hamil. Meningkatnya hormon progesteron memengaruhi sistem pencernaan ibu hamil. Hormon ini memperlambat semua fungsi metabolisme termasuk sistem pencernaan. Akibatnya, proses mencerna makanan menjadi lebih lama, yang akhirnya memicu rasa mual. Penyebab lain morning sickness adalah peningkatan hormon HCG (Human Chorionic Gonadotrophin). Hormon ini dibuat oleh embrio segera setelah terjadinya pembuahan dan saat berlangsungnya pertumbuhan jaringan plasenta.

3. B

Jika sebelumnya Moms melakukan olahraga high impact (seperti aerobik), saat hamil sebaiknya Moms menggantinya dengan olahraga low impact (seperti yoga). Moms juga bisa melakukan senam hamil bersama ahli dan teman lain.

4. C

Memasuki trimester 2, janin tumbuh pesat dan pertambahan berat badan rata-rata sekitar 450 gr per minggu. Penambahan berat badan ini terjadi karena adanya penyebaran pertambahan dari berat janin, plasenta, cairan, dan lainnya.

5. C

Kacang polong mengandung vitamin K, serat dan asam folat. 100 gr kacang polong menyumbang 10 persen kebutuhan asam folat. Kandungan ini sangat baik untuk wanita yang sedang hamil. Kekurangan asam folat selama awal kehamilan, dapat menyebabkan cacat tabung saraf.

6. B

Seks aman dilakukan selama Moms hamil, selama kondisi kehamilan baik dan sehat. Hindari melakukan seks oral dan anal karena bisa mengakibatkan terjadinya infeksi.

7. A

Plasenta previa merupakan kondisi yang jarang dialami oleh ibu hamil. Tetapi, risiko ini tetap harus diwaspadai karena dapat membahayakan ibu dan janin. Ibu hamil dengan plasenta previa terbukti memiliki risiko lebih tinggi mengalami pendarahan.

8. B

Adanya lendir ini saat hamil membantu menghindari infeksi. Saat Moms siap melahirkan, maka lendir ini akan dilepaskan. Saat dikeluarkan, lendir ini hanya sedikit.

9. A

Tidur miring ke kiri membuat aliran darah jadi lebih baik dan mengurangi pembengkakan. Posisi ini memberi keuntungan untuk bayi, karena mendapatkan aliran darah dan nutrisi yang maksimal. Hal ini karena adanya vena besar yang mengembalikan aliran darah ke jantung. Tidur miring ke kiri juga dapat membantu ginjal membuang sisa produk dan cairan dari tubuh, sehingga mengurangi pembengkakan.

10. A

Bahan pangan yang mentah atau setengah matang mungkin saja tercemar kuman penyakit dan bisa menimbulkan infeksi. Misalnya bakteri Listeria (mengakibatkan keguguran), bakteri Salmonella (memicu keguguran), parasit Toksoplasma (janin berkondisi abnormal), serta bakteri E. coli (mengganggu pencernaan).


Sebagai penilaian, setiap jawaban benar mendapatkan nilai 1. Jika Moms sudah mendapatkan total skor di atas 5, berarti pengetahuan Anda tentang kehamilan cukup baik. Namun, bagi Moms dengan nilai di bawah 5, yuk terus cari tahu tentang kehamilan selengkapnya di majalah dan situs www.motherandbaby.co.id. (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: kehamilan,   kuis,   pengetahuan,   hamil










Cover April 2020