Home - Kehamilan & Persalinan - Kehamilan / 9 Oktober 2018 / Redaksi

10 Hal Menyenangkan untuk Abadikan Masa Kehamilan Anda

Proses kehamilan bisa membuat emosi jadi tak terduga seperti sedang naik roller coaster. Namun sadarilah, momen ini sangat berharga bagi Anda dan Si Kecil. Untuk itu, ciptakanlah kenangan-kenangan yang spesial.

 

Lakukan beberapa aktivitas menyenangkan dengan membuat bucket list. Hal ini dapat membantu Anda beradaptasi dengan proses persiapan menjadi ibu. Sang janin juga akan menikmati keseruan aktivitas ini.

 

Ia akan merasa senang ketika Anda ceria, karena hormon kebahagiaan akan tersalurkan langsung melalui plasenta. Para neuroscientist menemukan bahwa perasaan yang Anda rasakan bisa berdampak langsung pada perkembangan janin.

 

Berikut ini beberapa hal menyenangkan yang bisa Anda lakukan selama hamil:

 

1. Foto dengan Pose Klasik

Ya, ini mungkin terdengar klise, namun dalam beberapa tahun ke depan, Anda pasti akan menyesal jika momen-momen ini tidak ada di album foto. Berikut foto yang harus Anda abadikan selama kehamilan.

• Pelukan dari Si Kakak

Jika ini merupakan kehamilan ke-2 atau ke-3, foto dengan sang kakak yang memeluk perut besar Anda menjadi suatu keharusan. Tempelkan foto ini di rumah, agar pesan bahwa sang kakak dan adik nantinya akan tumbuh menjadi teman baik, bisa disampaikan kepadanya.

• Pasangan Mengecup Perut Besar Anda

Ambil foto ini dari jarak dekat dengan background yang simpel, sehingga fokus benar-benar pada kecupan. Saat terbaik untuk mengabadikannya adalah pada trimester 2 atau 3, saat ukuran perut telah membesar.

• Pose Jari Tangan Membentuk Hati di Perut

Pose ini akan sangat bagus jika pasangan berdiri di belakang Anda, lalu kedua tangannya berada di perut Anda sambil membentuk hati. Ini bisa menjadi tanda momen bahagia yang tengah Anda berdua rasakan.

• Laki-laki atau Perempuan

Foto ini akan menjadi sebuah pose klasik. Selain simpel, foto ini juga efektif untuk menginformasikan kepada teman dan keluarga tentang jenis kelamin janin. Anda bisa berfoto dengan barang bayi berwarna biru atau pink untuk mengindikasikan jenis kelamin bayi.

 

2. Membuat Video Kehamilan

Video kehamilan akan menjadi kenang-kenangan yang sangat indah. Salah satu momen yang harus diabadikan adalah ekspresi Anda ketika merasakan tendangan dan gerakan Si Kecil di dalam perut. Pada masa-masa terakhir kehamilan, cobalah berendam di waktu-waktu biasanya janin aktif bergerak. Jika dapat merekam momen ketika muncul desiran air akibat tendangan atau gerakan janin, berarti Anda telah sukses menangkap momen spesial sang janin.

 

3. Luangkan Hari sebagai Pasangan

Rencanakan sebuah perayaan sederhana dengan pasangan. Anda bisa menghabiskan waktu bersamanya dengan menyusuri tempat-tempat kenangan atau pergi babymoon. Abadikan hal-hal kecil yang biasa Anda lakukan bersama. Anda pun bisa membuat perjanjian dengan pasangan bahwa hal tersebut akan dilakukan lagi beberapa bulan ke depan bersama Si Kecil tentunya.

 

4. Tampil Cantik

Percayalah, saat ini Anda tampak luar biasa! Rambut Anda tebal dan bercahaya, wajah tak pernah secerah ini sebelumnya, serta payudara terlihat lebih besar. Tidak ada masa yang lebih baik untuk memamerkan pregnancy body Anda yang seksi. Tunjukkan pada dunia bahwa ada kehidupan baru yang sedang berkembang dalam diri Anda.

 

5. Tulis Surat untuk Si Kecil

Anda bisa menuliskan surat untuk Si Kecil, walaupun ia masih di dalam kandungan. Ceritakan setiap hal seperti momen ia menendang dan membuat Anda tersenyum, atau rutinitas yang dilakukan saat ia masih di dalam kandungan.

Masukkan surat tersebut ke dalam amplop dan simpanlah di tempat tersembunyi. Serahkan kepadanya ketika ia sudah dewasa. Hal ini akan sangat berarti baginya, mengetahui Anda sangat menyayanginya.

 

6. Kirim Kartu Ucapan Terima Kasih kepada Calon Ayah

Sampaikan kepada pasangan bahwa ia lah satu-satunya pria yang Anda bayangkan bisa menjalani dan berbagi momen berharga ini bersama. Mungkin ini hanya hal kecil, tapi akan sangat berarti baginya.

 

7. Gunakan Fasilitas untuk Ibu Hamil

Hamil membuat Anda istimewa karena semua orang memberi perhatian. Belum lagi fasilitas-fasilitas di tempat umum yang disediakan untuk Anda. Karenanya, manfaatkan dengan baik fasilitas dan hak tersebut. Tidak setiap hari Anda mendapatkannya.

 

8. USG 4D

USG 4 dimensi pada dasarnya akan membantu ibu dan dokter untuk bisa melihat bentuk janin yang lebih jelas. Dengan USG 4 dimensi, Anda dan dokter akan melihat bentuk bayi dengan lebih jelas, seperti hidung, wajah, senyuman, dan juga aktivitas janin.

Hal ini akan membawa kebahagiaan tersendiri bagi Anda. Dokter pun dapat memantau perkembangan janin dengan lebih jelas. Selain foto, saat ini Anda pun bisa mendapatkan hasil USG dalam bentuk video.

 

9. Menonton Bioskop 2 Kali Seminggu

Saat Anda sudah menjadi ibu, akan sulit untuk menemukan waktu keluar rumah untuk menonton film terbaru, karena kesibukan mengurus Si Kecil. Karenanya, luangkan waktu Anda sekarang untuk pergi ke bioskop atau pertunjukkan teater sesering mungkin. Mungkin Anda akan menemukan inspirasi nama untuk Si Kecil nantinya.

 

10. Menghias Perut Anda

Kali ini, jangan kuku yang Anda warnai, tetapi juga perut. Gunakan saja cat untuk anak yang umumnya aman dan tidak mengandung zat kimia berbahaya. Gambar perut buncit Anda sesuka hati dan abadikan hasilnya. (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)

share to BBM


RELATED ARTICLE

Posisi Tidur yang Tepat untuk Ibu Hamil

Hari Kontrasepsi Sedunia: Millenials Harus Terencana

Moms, Ini Cara Menghitung Tendangan Janin



OTHER ARTICLES

Waspada! Picky Eater Bisa Sebabkan Stunting pada Anak

Bayi Ini Bangunkan Ibunya yang Koma selama 23 Hari

Mengajari Anak Cara Menerima Kekalahan

Moms, Ini Perubahan Positif pada Tubuh Usai Melahirkan

4 Hal Penting untuk Hindari Siblings Rivalry