Home - Kehamilan & Persalinan - Kesuburan / 23 Oktober 2018 / Redaksi

7 Makanan untuk Meningkatkan Kesuburan

Setelah menikah, Anda dan pasangan pastinya berniat untuk memiliki momongan. Nutrisi menjadi salah satu hal yang penting diperhatikan saat Anda berusaha untuk hamil. Berikut ini 7 jenis makanan yang bisa membantu meningkatkan kesuburan Anda dan menaikkan kemungkinan agar bisa hamil.

 

Karbohidrat Kompleks

Jika selama ini Anda sering mengonsumsi nasi putih atau roti tawar, coba ganti dengan produk yang mengandung karbohidrat kompleks, seperti beras merah, roti gandum, atau sereal biji-bijian utuh untuk meningkatkan kesuburan Anda. Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks lebih lama dicerna oleh tubuh sehingga membantu menjaga kestabilan gula darah serta insulin. Hal ini baik bagi sistem reproduksi, karena jika kadar insulin naik maka akan mengganggu produksi hormon yang berhubungan dengan reproduksi. Sebuah penelitian di Belanda menemukan bahwa wanita yang memiliki kadar gula darah tinggi memiliki kemungkinan 50 persen lebih kecil untuk hamil.



Daging

Anda bisa memilih daging sapi dan daging ayam yang memiliki kadar lemak rendah untuk dikonsumsi. Selain memiliki kadar protein tinggi, daging juga mengandung zat besi. Namun, Anda tidak dianjurkan untuk mengonsumsi daging lebih dari 3 porsi per hari, karena terlalu banyak mengonsumsi protein hewani malahan justru bisa menurunkan tingkat kesuburan.

Kacang-Kacangan

Jika Anda vegetarian, Anda bisa mengonsumsi makanan yang mengandung protein nabati, seperti kacang kedelai (tahu, tempe, susu kedelai), dan kacang polong. Selain lebih murah, makanan yang mengandung protein nabati tersebut juga lebih rendah lemak dan kalori sehingga berat badan Anda bisa tetap terjaga. Menurut para ahli, mengonsumsi protein hewani ataupun protein nabati bisa meningkatkan kesuburan Anda.

Ikan

Asam lemak omega-3 merupakan zat yang baik untuk mengoptimalkan kinerja sistem reproduksi Anda dan meningkatkan kesuburan dengan cara membantu hormon reproduksi dan memperlancar peredaran darah ke organ reproduksi. Zat ini bisa Anda temukan pada ikan laut, seperti salmon, tuna, dan mackerel. Tapi, hindari mengonsumsi produk ikan kalengan karena mengandung pengawet. Anda juga bisa mendapatkan omega-3 dari almond, kenari, atau telur yang diperkaya dengan omega-3.



Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti bayam, brokoli, selada, dan kale memiliki kandungan tinggi akan folat dan vitamin B. Sejumlah penelitian menemukan bahwa dua jenis zat gizi tersebut membantu meningkatkan ovulasi. Sayuran hijau juga baik untuk dikonsumsi pria karena kandungan folatnya dipercaya dapat meningkatkan kualitas sperma.

Buah

Buah-buahan berwarna cerah seperti beri dan pisang juga bisa Anda konsumsi untuk meningkatkan kesuburan. Beri kaya akan antioksidan yang bermanfaat untuk mengurangi kerusakan sel, meningkatkan kesehatan secara menyeluruh, dan meningkatkan kesuburan. Adapun pisang mengandung vitamin B6 yang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan reproduksi karena bisa merawat sel telur dengan baik.

Produk Susu

Tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan tulang Anda, susu dan produk-produk olahannya, seperti keju dan yoghurt, juga bagus dikonsumsi sebagai makanan penyubur kandungan. Anda bisa memilih produk susu dan turunannya yang rendah atau bebas lemak.

(Susanto Wibowo/Dok. Freepik)

 

 


RELATED ARTICLE

10 Cara Jitu Menghitung Masa Subur Wanita

Awas, Kegemukan Berdampak pada Kesuburan!

Moms, Ketahui Masalah Kesuburan yang Dialami Wanita

OTHER ARTICLES

Market & Museum - Letter To Jully

Hari Anak Nasional: Sudahkah Kita Penuhi 10 Hak Anak?

Yuk Moms, Kenali Karakter Anak Berdasarkan Zodiak! (2)

Keluarga Baru Jakarta Aquarium

Oligohidramnion, Kondisi Cairan Ketuban Terlalu Sedikit