Mother&Baby Indonesia
Anak Sulit Minum Obat? Trik Ini bisa bantu Anda, Moms

Anak Sulit Minum Obat? Trik Ini bisa bantu Anda, Moms

Apakah Anda sering kesulitan memberi obat kepada Si Kecil? Ikuti trik ini untuk membantu Anda memberi obat kepada balita.

1. Sebelum Si Kecil meminum obatnya, ciptakan suasana menyenangkan. Katakan padanya bahwa obat akan membuatnya sembuh dari sakit. Jelaskan pula mengenai rasa obat yang akan ia minum dengan jujur. Bila memang pahit, katakan pahit.

2. Untuk mengurangi rasa takut Si Kecil terhadap obat, ajak ia bermain dokter-dokteran sebelum meminumnya. Anda menjadi dokter dan ia menjadi pasiennya. Periksalah bagian tubuhnya yang sakit layaknya dokter sungguhan dan minta ia menceritakan apa yang ia rasakan.



3. Bagi anak di bawah 2 tahun, Anda bisa menggunakan pipet untuk memberikan obat. Tuangkan di bagian belakang lidah menuju leher agar ia tidak merasakan pahitnya obat, karena indera perasa berada di bagian depan dan tengah lidah.

4. Anda juga bisa menyembunyikan obat dengan alat bantu, seperti pisang, es krim, atau jus buah. Namun konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum melakukannya.

5. Berikan obat dengan cara yang paling nyaman bagi Si Kecil. Tidak ada salahnya jika Anda menjanjikan hadiah kecil untuknya jika mau menghabiskan obat, misalnya ia boleh mendapatkan cokelat kesukaannya.

 



Perlu Diperhatikan

• Dilansir dari KidsHealth, sebagian besar anak lebih suka minum obat dalam keadaan dingin. Namun beberapa obat akan berkurang khasiatnya jika didinginkan. Tanyakan ke dokter apakah Anda boleh mendinginkan obat Si Kecil.

• Setelah memberi obat, jangan lupa perhatikan apakah ada efek samping untuk Si Kecil, seperti gatal-gatal, muntah, diare, dan sebagainya. Jika ya, segera bawa ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

• Simpan obat di tempat yang jauh dari jangkauan Si Kecil. Perhatikan pula cara penyimpanannya, jika dalam kemasan botol, pastikan Anda menutupnya dengan rapat setelah digunakan. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: balita,   minum obat








Cover Maret 2020