Home - Kehamilan & Persalinan - Panduan Ibu Baru / 18 Oktober 2018 / Redaksi

Tips Memilih Botol untuk Buah Hati

Menyusui Si Kecil yang terbaik memang langsung dari payudara. Meskipun begitu, karena alasan kesehatan atau kesibukan Anda, Moms tidak bisa selalu menyusuinya secara langsung. Memberikan ASI lewat botol pun menjadi pilihan dan solusi untuk mengatasi masalah tersebut.


Namun Moms tidak perlu khawatir, seperti halnya menyusui dengan payudara, memberikan ASI lewat botol tetap bisa menjadi kesempatan untuk membangun bonding antara Anda dengan Si Kecil. Agar Moms tetap bisa memberikan ASI dengan nyaman kepada Si Kecil, tentunya penting untuk memilih botol yang tepat.




Banyak botol dengan berbagai model dan merk yang ada di pasaran. Botol tersebut dirancang sedemikian rupa untuk memudahkan bayi menyusu. Tetapi, Moms sebaiknya memilih botol yang aman dan sesuai dengan kebutuhan Si Kecil. Berikut ini tips memilih botol yang aman untuk bayi Anda:

1. Sebagian besar botol yang ada di pasaran terbuat dari bahan plastik. Bahan ini memiliki banyak kelebihan, seperti ringan, lebih murah, dan lebih nyaman digunakan untuk Si Kecil. Meskipun begitu, Moms sebaiknya pilih botol yang memiliki label BPA Free untuk menghindari paparan zat berbahaya tersebut pada bayi Anda.

2. Pilih botol yang mempunyai dot bertekstur gelombang. Tekstur bergelombang pada dot berfungsi untuk mencegah kempis dan menjaga agar Si Kecil tetap bisa menyusui dengan nyaman.

3. Pilih botol yang ergonomis atau dapat dipegang dari segala arah dan memiliki ukuran sesuai dengan kebutuhan menyusu Si Kecil. Contohnya, bayi dengan usia masih kecil memerlukan lebih sedikit susu dibandingkan bayi yang sudah lebih besar.



4. Pilih botol berleher lebar agar lebih mudah untuk membersihkannya. Yang perlu Moms perhatikan saat membersihkan botol, jangan merebusnya karena panas dapat menyebabkan materi plastik terurai dan bisa bercampur dengan ASI Si Kecil. Cukup cuci botol dengan air hangat, sabun yang lembut dan aman, serta sikat khusus botol.

5. Pilih botol yang memiliki sistem katup anti-kolik. Sistem ini berguna untuk menjaga udara tetap dalam botol dan tidak masuk ke perut bayi, sehingga Si Kecil terhindar dari kolik atau ketidaknyamanan saat menyusu.


Nah Moms, botol yang memenuhi kriteria tersebut dan bisa jadi pilihan Anda adalah botol classic+ dari Philips Avent. Produk ini punya sejumlah kelebihan, yaitu memiliki katup anti-kolik dan dot bertekstur gelombang yang dapat membuat si Kecil nyaman saat menggunakannya dan mengurangi kolik. Botol classic+ dari Philips Avent ini juga ergonomis dan memiliki leher lebar, memudahkan Moms dan Si Kecil untuk memegang botol dari segala arah. Leher botolnya yang lebar juga memudahkan untuk dibersihkan sehingga memungkinkan Si Kecil minum dari botol yang bersih setiap saat. Yang tidak kalah penting, botol ini memiliki label BPA Free yang menjadikan botol ini aman untuk digunakan oleh Si Kecil.


Tidak hanya botol, rangkaian produk Philips AVENT lainnya, seperti breast pump, sterilizer, bottle warmer, hingga produk pendukung ibu dalam memberikan makanan pendamping ASI (MPASI), bisa menjadi inspirasi Anda para Moms, khususnya new parents, dalam memilih yang terbaik untuk proses tumbuh kembang buah hati. Semuanya didesain dengan menyesuaikan kebutuhan ibu dan anak, mudah digunakan, dan mengadopsi teknologi terkini.

Produk-produk Philips Avent dapat Moms temukan dengan mudah di toko-toko retail modern seperti Mother Care dan toko peralatan bayi di kota masing-masing. Selain itu, pembelian secara online bisa dilakukan melalui Official Store Philips di JD.id, Lazada, Tokopedia, Shopee, Orami dan e-commerce lainnya. (Susanto Wibowo/Dok. Freepik, Philips Avent)

 

 


RELATED ARTICLE

Menyusui Bisa Dilakukan Semua Ibu, Moms!

Milestones Menyusui Anak yang Perlu Moms Tahu

5 Cara untuk Tingkatkan Produksi ASI

OTHER ARTICLES

Manfaat Pelukan untuk Anak & 5 Gaya Pelukan Seru!

8 Rahasia Hidup Bahagia yang Perlu Anda Terapkan

Moms, Ini Manfaat Mengajak Anak Bermain di Luar

Hal-Hal Memalukan yang Dialami saat Anda sedang Hamil

Hati-Hati! Orang Dewasa Juga Bisa Kena Cacar Air, Lho