Home - Kehamilan & Persalinan - Panduan Ibu Baru / 18 Oktober 2018 / Redaksi

Moms, Ini Perubahan Positif pada Tubuh Usai Melahirkan

Ternyata, lahirnya Si Kecil tidak hanya melengkapi kebahagiaan Anda, tetapi juga membawa perubahan baik bagi hidup, khususnya tubuh Anda. Pengalaman kehamilan dan persalinan menyebabkan beberapa transformasi positif pada tubuh. Berikut ini di antaranya, Moms.
 

Lebih Sehat dan Fit

“Para ibu biasanya termotivasi untuk hidup lebih sehat dan merawat diri sendiri, karena mereka harus fit dan sehat untuk bisa merawat Si Kecil,” ujar Sammy Margo, fitness trainer dari Inggris. Ditambah lagi, keseharian seorang ibu cukup berat secara fisik, dan itu membuat tubuh Anda lebih kuat. “Mengangkat dan menggendong Si Kecil bisa melatih otot tubuh, terutama bagian lengan,” tambah Sammy.
 

Usia Lebih Panjang

Sebuah penelitian yang dilakukan di Denmark menemukan bahwa angka kematian akibat penyakit peredaran darah, kanker, dan kecelakaan, lebih tinggi 4 kali lipat pada wanita yang tak memiliki anak dibandingkan wanita yang memiliki anak. Salah satu alasannya adalah ketika menjadi seorang ibu, Anda cenderung mengubah pola hidup menjadi lebih sehat.
 



Tubuh Kembali seperti Semula

Dibutuhkan waktu 9 bulan untuk rahim Anda membesar saat hamil. Jadi diperlukan waktu yang kurang lebih sama untuk rahim Anda kembali ke ukuran semula pasca persalinan. Penelitian mengungkapkan bahwa wanita yang mengalami kenaikan berat badan 15 kg atau lebih dan berolahraga selama hamil, menyusui, dan mengurus Si Kecil secara sendiri cenderung cepat untuk kembali ke bobot awal.
 

Nyeri Endometriosis Berkurang

Pasca persalinan, rasa sakit yang disebabkan oleh endometriosis biasanya menjadi lebih ringan. Hal ini karena saat hamil dan menyusui, Anda tak mengalami menstruasi, jadi hormon tubuh bekerja dengan cara berbeda. “Sekitar 50 persen wanita yang memiliki endometriosis tak lagi mengalami gejalanya dalam jangka panjang setelah melahirkan,” jelas Roger Marwood dari The Royal College of Obstetricians and Gynaecologist.
 

Seks Lebih Baik

Jika Anda khawatir kehidupan seks akan berubah pasca persalinan, lakukan latihan Kegel, dengan mengontraksi dan meregangkan otot pelvic. Namun, pada umumnya, persalinan normal tak memengaruhi elastisitas vagina, meskipun memang, vagina akan terasa lebih 'kering' karena perubahan hormon. Beberapa wanita bahkan merasakan peningkatan kehidupan seks setelah melahirkan.
 

Bentuk Payudara Berubah

Selama kehamilan, payudara Anda akan berubah bentuk dan ukuran, menjadi lebih besar. Nah, pasca persalinan, bentuk dan ukuran ini bisa menetap, tentunya jika dibarengi dengan beberapa latihan. Dengan melakukan latihan angkat beban, otot payudara Anda akan tetap kencang. Tidak hanya itu, kehamilan juga membuat sel-sel payudara matang sehingga lebih kecil risikonya terserang kanker.
 



Kulit Lebih Bersinar

Selama hamil, banyak wanita merasa kulitnya lebih kenyal dan indah. Namun sayangnya, segala kelelahan yang Anda rasakan selama menjalankan tugas sebagai ibu baru terlihat dari kulit Anda yang mulai kering, pecah-pecah, serta bersisik. “Jika Anda mengonsumsi vitamin dan makanan sehat selama hamil, kondisi kulit yang bersinar dan indah akan terus terlihat pasca persalinan,” ujar Nigma Talib, seorang naturopath.
 

Lebih Penyayang

Para psikolog dari Chapman University, California, AS, mengatakan bahwa peningkatan hormon ketika kehamilan mengubah otak Anda secara permanen. Setelah melahirkan, sejumlah hormon akan dilepaskan oleh tubuh, seperti oksitosin dan prolaktin. Beberapa perubahan pada otak ini berhubungan dengan emosi, untuk membantu Anda lebih peka pada kebutuhan Si Kecil.
 

Kaki Lebih Besar

Jika Kaki Anda bertambah besar dan panjang ketika kehamilan, keduanya mungkin akan tetap seperti itu setelah persalinan, menurut sebuah studi yang dilakukan di University of Iowa, AS. Lengkungan kaki Anda akan berkurang dan sebagai gantinya, kaki Anda menjadi lebih panjang 2-10 mm. Ini bisa jadi alasan bagi Anda untuk membeli sepatu baru, bukan?
 

Rambut Berubah Tekstur

Kebanyakan wanita kehilangan 10-30 persen rambut mereka setelah melahirkan. Hormon membuat rambut Anda kuat selama kehamilan. Namun setelah melahirkan, Anda akan kehilangan semua rambut yang seharusnya rontok tersebut. Rambut Anda akan mulai tumbuh ketika Si Kecil berusia 6 bulan, dan saat itu juga bisa berubah tekstur. Rawatlah rambut dengan baik agar teksturnya menjadi lebih indah. (M&B/SW/Dok. Freepik)

 

 


RELATED ARTICLE

Gerakan untuk Atasi Sakit Punggung Pasca Persalinan

Apa Penyebab Jumlah ASI yang Diproduksi Sedikit?

Pertanyaan Saat Check-up Pasca Melahirkan

OTHER ARTICLES

MB Fair Surabaya 2019

Manfaat Pelukan untuk Anak & 5 Gaya Pelukan Seru!

5 ‘Keanehan’ pada Newborn yang Perlu Anda Ketahui

Emboli Air Ketuban bisa Ancam Nyawa Ibu Hamil dan Bayi

Kapan Saat Tepat Memberi Uang Jajan buat Anak?