Home - Kehamilan & Persalinan - Panduan Ibu Baru / 13 Oktober 2018 / Redaksi

Menyusui Bisa Dilakukan Semua Ibu, Moms!

Tugas penting seorang ibu adalah menyusui, agar Si Kecil mendapat cukup nutrisi untuk tumbuh sehat dan cerdas. Supaya ASI yang dihasilkan bisa menjadi makanan terbaik, Moms perlu melakukan beberapa hal. Nadia Mulya, presenter sekaligus ibu dari tiga anak, memberikan panduan persiapan sejak masa kehamilan hingga menyusui.

 

Masa Kehamilan

Saat hamil, terdapat dua hal penting yang dapat mendukung ASI dapat keluar dengan lancar, bahkan ketika pertama kali menyusui:



 

• Nutrisi

Moms disarankan makan makanan bergizi selama masa kehamilan. Anda disarankan tidak mengonsumsi makanan buatan demi keamanan kehamilan. Tambahkan konsumsi susu kehamilan yang mengandung asam folat, vitamin D, zat besi, dan kalsium agar janin sehat dan kualitas ASI baik.

 

• Dukungan Lingkungan

Niat dan keyakinan untuk menyusui bayi akan memperlancar usaha Moms. Mulailah ikut kelas laktasi, melakukan pijat payudara, dan mempelajari cara manajemen ASI agar kebutuhan Si Kecil selalu terpenuhi.

 

Moms juga harus mulai menggalang dukungan dari lingkungan sekitar, terutama suami, agar mereka dapat membantu niat baik Moms memberikan ASI pada buah hati.

 



 

Masa Menyusui

Masa ASI eksklusif selama 6 bulan bisa berjalan sukses jika Moms memerhatikan tiga hal ini:

 

• Nutrisi

Buah-buahan dan sayuran, terutama yang berwana hijau misalnya daun katuk, akan memperbanyak produksi ASI. Moms juga perlu cukup asupan asam folat, vitamin D, zat besi, dan kalsium.

 

• Pola Pikir

“Produksi ASI sangat dipengaruhi hormon. Bila kita meragukan kemampuan memberi ASI, maka tubuh pun akan mendapatkan sinyal negatif yang mengurangi produksi ASI,” kata Nadia Mulya. Karenanya, Moms harus selalu bahagia agar ASI lancar, ya.

 

• Gaya Hidup

Olahraga ringan, misalnya jalan kaki atau yoga, bisa cukup menjaga stamina Moms. “Perasaan segar, bugar, dan sehat akan membuat produksi ASI lancar, karena hormon laktasi bekerja dengan baik,” ujar Nadia. (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Unsplash)

 

 


RELATED ARTICLE

Milestones Menyusui Anak yang Perlu Moms Tahu

5 Cara untuk Tingkatkan Produksi ASI

5 Tips Menggunakan Breast Pump untuk Ibu Menyusui

OTHER ARTICLES

Pentingnya Menjaga Kesehatan Mulut Bayi Anda

5 Gaya Hidup Sehat yang Semakin Dilupakan Orang-Orang

Saat Penghasilan Istri Lebih Besar Ketimbang Suami

Saat Bayi Anda Menyusu Tiada Henti, Mesti Bagaimana?

Kram Kaki saat Hamil? Ini Tips untuk Mengatasinya