Home - Kehamilan & Persalinan - Panduan Ibu Baru / 12 Oktober 2018 / Redaksi

Milestones Menyusui Anak yang Perlu Moms Tahu

Dalam hal menyusui, Anda dan Si Kecil akan sama-sama belajar. Pada awalnya, Anda berdua perlu menyesuaikan diri dan bekerja sama dengan baik agar prosesnya berjalan lancar. Berikut ini milestones menyusui yang diraih Si Kecil selama 2 tahun pertama kehidupannya. Simak dan jadikan panduan untuk keberhasilan menyusui Anda, Moms.
 

Minggu Pertama

Catching on to Latching on. Selama seminggu pertama, yang perlu Anda fokuskan adalah memastikan pelekatan yang baik. Hal ini tak hanya membantu menghindarkan dari masalah menyusui, seperti puting lecet, tetapi juga memastikan tubuh Anda 'menerima pesan' untuk memproduksi lebih banyak ASI dan menyesuaikan dengan kebutuhan Si Kecil.
 

2 Minggu-4 Bulan

Hukum Supply and Demand. Pada usia ini, ada beberapa perubahan dalam pola menyusu Si Kecil. Ia akan lebih banyak tidur di malam hari, fisiknya akan semakin tumbuh dan berkembang, dan Anda pun sudah bisa memprediksi pola menyusunya. Seiring dengan perubahan-perubahan ini, bersiaplah dengan growth spurts yang tidak bisa dihindari sebagai hasil dari meningkatnya kebutuhan Si Kecil akan ASI.
 



6 Bulan

Saat-Saat Pertama. Siap-siaplah untuk makanan padat dan gigi pertama Si Kecil. Sebenarnya, Si Kecil tidak membutuhkan gigi untuk makan makanan padat pertamanya dan Anda pun bisa lanjut menyusui meskipun gigi pertamanya sudah muncul. Pengenalan makanan padat pertama (MPASI) biasanya dimulai pada usia 6 bulan. Mulailah dengan memberikan Si Kecil bubur cair yang dicampur dengan ASI
 

9 Bulan

Mudah Teralihkan. Di usia 9 bulan, Si Kecil sedang asyik bereksplorasi dan rasa ingin tahunya sedang tinggi. Karenanya ia pasti akan lebih mudah teralihkan ketika menyusu. Beberapa anak bahkan kehilangan selera menyusu. Jangan biarkan hal ini mengganggu. Untuk mengatasinya, susui Si Kecil di tempat yang tenang dengan stimulasi yang sedikit agar ia tidak mudah teralihkan.
 



1 Tahun

Berbagai Keuntungan. Jika Anda melanjutkan untuk menyusui Si Kecil hingga usia ini, berarti ia sudah memiliki kekebalan tubuh yang lebih baik. Di usia ini, proses menyusui Si Kecil tak harus berhenti hanya karena ASI tak lagi menjadi nutrisi utamanya. ASI masih bermanfaat hingga tahun-tahun ke depan bagi Anda dan Si Kecil. Beberapa fakta menyusui di usia ini:
• Kandungan lemak dan energi dalam ASI Anda semakin bertambah jika dibandingkan ibu yang baru menyusui dalam waktu singkat.
• Apakah Si Kecil memiliki bobot tubuh lebih kecil dibandingkan anak yang mendapat susu formula? Jangan khawatir karena hal ini sangat normal dan percayalah, ia jelas lebih sehat. Menurut penelitian, anak yang mendapat susu formula akan memiliki kelebihan berat sebanyak 600-650 gram dibandingkan anak ASI.
• Frekuensi menyusu Si Kecil biasanya menyusut hingga 2-3 kali per hari, yaitu di pagi hari dan malam hari, ditambah saat ia lelah, rewel, dan tengah memerlukan kenyamanan.
• Fakta bahwa Si Kecil sudah bisa mengonsumsi susu sapi di usia ini bukan berarti produk tersebut dapat menggantikan ASI. Susu sapi tidak mengandung vitamin dan antibodi lengkap seperti ASI.
• Si Kecil yang mendapat ASI minimal 1 tahun pertama hidupnya cenderung memiliki kemampuan sosial yang baik.
• Dengan menyusui Si Kecil selama setidaknya 1 tahun, Anda juga telah menurunkan risikonya terserang obesitas saat dewasa.
 

16 Bulan

Si Ahli Menyusu. Menyusui Si Kecil di usia ini masih memberikan manfaat baginya. Ia akan menerima nutrisi kekebalan tubuh yang penting. Si Kecil yang disusui hingga usia 16-30 bulan cenderung jarang sakit dan membutuhkan perawatan medis dibandingkan anak yang tak menyusu. Menurut penelitian, kandungan zat imun tubuh dalam ASI akan bertambah di tahun ke-2. Di usia ini juga Si Kecil menjadi sangat ahli dalam menyusu. Ia bisa melakukannya dalam berbagai posisi.
 

2 Tahun

Masih Bermanfaat. WHO dan UNICEF merekomendasikan proses menyusui hingga usia 2 tahun lebih dan menyebutkan bahwa ASI merupakan sumber energi dan protein yang akan membantu tubuh Si Kecil melawan penyakit di tahun keduanya.
Yakinlah bahwa ASI Anda masih memberikan protein dan nutrisi yang penting. Menurut La Leche League International, organisasi yang membantu para ibu menyusui, ASI akan terus melengkapi sistem kekebalan tubuh Si Kecil hingga benar-benar sempurna di usia 6 tahun. Tak hanya itu, penelitian juga menyebutkan bahwa semakin panjang masa menyusui, akan semakin tinggi IQ Si Kecil.
Pada usia ini, Si Kecil sangat suka bergerak, sehingga kebutuhannya untuk menyusu semakin berkurang. Hal ini mengakibatkan produksi ASI Anda pun akan semakin sedikit. Pada saat ini, ASI Anda akan lebih terkonsentrat, hampir seperti kolostrum lagi, dan bisa memberikan Si Kecil ekstra pendorong zat-zat imunitas. (M&B/SW/Dok. Freepik)

 

 


RELATED ARTICLE

5 Tips Menggunakan Breast Pump untuk Ibu Menyusui

Bayi Menolak Menyusu? Atasi dengan Tips Ini, Moms

Mengatasi Masalah Bayi Menyusu pada 1 Payudara saja

OTHER ARTICLES

Apakah Anda Terlalu Keras pada Anak? Ini Tanda-Tandanya

Waspada! Ini Bahaya Memakaikan Perhiasan pada Bayi

Ingin Mendonorkan Darah? Ini yang perlu Anda Perhatikan

Tren Fashion Terkini untuk Si Kecil

Bagaimana Meyakinkan Orang Tua dengan Pola Asuh Kini?